Berita Politik

Kaleidoskop: PDI Perjuangan Berjaya di Kotamobagu, NasDem Beri Kejutan, PAN Terpuruk

Kaleidoskop: PDI Perjuangan Berjaya di Kotamobagu, NasDem Beri Kejutan, PAN Terpuruk Berita Politik
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Tahun 2019, tahun politik, segera berakhir. Banyak catatan menarik sepanjang tahun ini di bidang politik lokal Kotamobagu. Terutama pada perhelatan Pemilihan Legislatif (Pileg) untuk DPRD Kotamobagu pada April 2019 lalu.

Catatan paling menarik adalah berjayanya PDI Perjuangan pada perhelatan lima tahunan tersebut, serta kejutan yang ditunjukkan Partai NasDem, serta terpuruknya PAN sebagai pemenang Pileg tahun 2014.

PDI Perjuangan sejak Kotamobagu masih tergabung dalam satu wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) hingga Pemilu 2014 lalu, tak pernah memenangkan Pileg di Kotamobagu.

Namun tahun 2019 menjadi berbeda. Partai besutan Megawati Soekarnoputri ini mampu menorehkan tinta emas dengan mencatat sejarah pertama kali menangi Pileg di Kotamobagu.

PDI Perjuangan mematahkan dominasi PAN dan Golkar sebagai partai yang bergantian sebagai pemenang pada Pileg sebelumnya.

PDI Perjuangan Kotamobagu di bawah kendali Meiddy Makalalag menjadi kampiun dengan torehan 5 dari 25 kursi dan berhak atas kursi Ketua DPRD.

Baca Juga: Pleno Penetapan Caleg Terpilih, Mekal Suara Terbanyak se-Kotamobagu

Prestasi luar biasa juga ditorehkan Partai NasDem. Partai ini sebelumnya di Pileg 2014 tak memiliki kursi di DPRD Kotamobagu. Namun Pileg 2019, partai ini mampu menjadi pemenang kedua dengan raihan 4 kursi.

Kejutan yang ditunjukkan Partai NasDem tersebut diapresiasi banyak pihak. Apalagi NasDem mampu mengalahkan PAN dan Golkar dan berhak atas kursi Wakil Ketua I DPRD Kotamobagu yang sekarang diduduki Syarifuddin Mokodongan.

Catatan lain dan akan diingat di tahun 2019 adalah terpuruknya PAN di Pileg 2019. Partai ini pada Pileg 2014 adalah pemenang dengan 6 kursinya.

Namun 2019 seolah menjadi bencana. Torehan suara partai berlambang matahari terbit ini terjun bebas dan hanya meraih 1 kursi di DPRD Kotamobagu atas nama Anugerah Begie Ch Gobel.

Baca Juga :  Enam Partai Disebut Sudah Siap Usung Tatong- Nayodo  

Sedangkan Golkar, meski meraih 3 kursi dan berhak atas jabatan Wakil Ketua II DPRD Kotamobagu, namun capaiannya di Pileg 2019 tak dapat dibanggakan karena terjadi penurunan jumlah suara dan raihan kursi.

Pileg 2014 Golkar mendapatkan 5 kursi dan 2019 hanya 3 kursi. Sebuah capaian di luar dugaan karena partai ini sangat mengakar di Kotamobagu. Bahkan Pileg 2009 dan Pileg sebelum itu Golkar selalu menjadi kampiun di Kotamobagu.

Hanura dan PKB juga mencatatkan hasil memuaskan di Pileg 2019. Sebelumnya di tahun 2019 dua partai ini hanya meraih 2 kursi, tahun ini keduanya mengalami kenaikan menjadi 3 kursi. (zha)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top