Berita Politik

KPU Uji Dukungan Jadi-Jo Lewat Verifikasi Faktual

KPU Uji Dukungan Jadi-Jo Lewat Verifikasi Faktual Berita Politik
Kroniktotabuan.com

 

KPU Uji Dukungan Jadi-Jo Lewat Verifikasi Faktual Berita Politik

Ketua KPU Kotamobagu Nova Tamon menyerahkan dokumen dukungan bakal calon perseorangan yang akan diverifikasi faktual.

KOTAMOBAGU- Setelah tahapan verfikasi administrasi syarat dukungan untuk pasangan bakal calon perseorangan Jainuddin Damopolii dan Suharjo Makalalag (Jadi-Jo) tuntas dilakukan KPU Kotamobagu, tahapan selanjutnya adalah verifikasi faktual.

Tahapan ini akan menguji apakah dukungan yang diberikan terhadap pasangan bakal calon perseorangan tersebut benar atau tidak. Keabsahan dukungan yang dimasukkan ke KPU Kotamobagu ditentukan melalui tahapan ini.

Verifikasi faktual akan dilakukan oleh KPU melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan/desa dengan didampingi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), serta tim dari pasangan bakal calon.

Daftar dukungan yang akan diverifikasi faktual sudah diserahkan KPU Kotamobagu kepada PPK dan PPS, Senin (11/12/2017) tadi sore di aula kantor KPU. Verifkasi faktual mulai dilakukan Selasa (12/12/2017) esok.

“Jadi metode verifikasi faktual adalah sensus. Artinya, semua dukungan yang masuk didatangi dan ditanyai langsung apakah benar memberikan dukungannya untuk bakal calon perseorangan atau tidak,”  ujar Ketua KPU Kotamobagu, Nova Tamon.

Komisioner membidangi teknis, Aditya Tegela menambahkan, apabila hasil verfikasi faktual ternyata dukungan untuk pasangan perseorangan kurang dari angka minimal dukungan yakni 8.681, masih akan ada lagi kesempatan untuk melakukan perbaikan. (vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top