Berita Politik

Kuota 30% Perempuan Dipenuhi KPU Kotamobagu

Kroniktotabuan.com
Kuota 30% Perempuan Dipenuhi KPU Kotamobagu Berita Politik

Asep Sabar

KOTAMOBAGU– Jika melihat komposisi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada 2018, sebagian besar memiliki keterwakilan perempuan.

Anggota KPU Kota Kotamobagu, Asep Sabar, menjelaskan UU Nomor 7 tahun 2017 sudah tegas bahwa dalam hal perekrutan PPK dan PPS memperhatikan keterwakilan perempuan minimal 30 persen, dan itu sudah dipenuhi KPU Kota Kotamobagu,” tegas Asep di ruang kerjanya, Selasa (14/11/17).

Asep menambahkan, untuk PPK di dua kecamatan, yakni Kotamobagu Barat dan Kotamobagu Timur diisi oleh dua orang perempuan, sementara PPK Kotamobagu Utara dan Kotamobagu Selatan hanya satu orang perempuan saja. Demikian pula untuk PPS, sebagian besar diisi seorang perempuan, tapi ada juga yang dua orang perempuan dan bahkan ketiga-tiganya perempuan, seperti di Kelurahan Upai dan Matali.

“Banyaknya perempuan bukan berarti laki-laki tidak ada. Kalau mau jujur ternyata banyak perempuan yang bagus hasil tesnya. Karena itu wajar kalau mereka diprioritaskan masuk sebagai anggota PPK maupun PPS Pilkada Serentak Tahun 2018.”

Yang pasti, masih kata Asep, KPU Kota Kotamobagu sudah menjalankan mekanisme perekrutan sesuai peraturan yang belaku. “Bagi kami tidak menjadi soal jika perempuan lebih banyak, tapi yang terpenting adalah bagaimana mereka bisa bekerja penuh waktu, sepenuh hati, bertanggungjawab dan yang paling penting lagi mereka menguasai tugas dan fungsinya sebagai penyelenggara.” (*/vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top