Berita Politik

Olly- Steven Diprediksi Menang Besar di BMR

Olly- Steven Diprediksi Menang Besar di BMR Berita Politik Sulut
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Bolaang Mongondow Raya (BMR) yang terdiri dari satu kota dan empat kabupaten, salah satu lumbung suara yang diperebutkan tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) pada 9 Desember 2020 mendatang.

Namun, banyak yang memprediksi pasangan Olly Dondokambey- Steven Kandouw (Olly- Steven) akan meraih suara paling besar di BMR. Meski diketahui saat ini ada calon Wakil Gubernur dari BMR yakni Sehan Salim Landjar berpasangan dengan Calon Gubernur Christiany Eugenia Paruntu.

Salah satu indikator Olly- Steven akan menang di BMR yakni hasil survei yang dikeluarkan KCI – LSI, Minggu (13/9/2020) kemarin.

Enam kantong pemilih penting di Pilgub Sulut disurvei lembaga ini. Dari enam itu setidaknya ada dua kantong pemilih paling mewakili BMR. Yakni Muslim dan etnis Mongondow.

Pada kantong pemilih Muslim, berdasarkan survei KCI – LSI, populasi pemilih ini memiliki basis cukup besar yaitu 30,4%.

Baca Juga: Hasil Survei LSI: ODSK 68 Persen, CEP-SSL Hanya 16 Persen

Meski satu dari tiga kandidat memiliki pasangan beragama Muslim, namun potret elektabilitas pemilih Muslim cenderung tidak terasosiasi secara linier. Dimana Survei KCI – LSI Network menunjukkan bahwa Olly – Steven masih unggul di kantong pemilih Muslim.

“Dukungan terhadap Olly – Steven pada segmen pemilih ini mencapai 67.6%, CEP-Sehan sebesar 19,2% dan VAP-Hendry sebesar 5,5%. Di kantong pemilih ini juga Olly – Steven unggul dari CEP-Sehan dan VAP-Hendry,” beber Peneliti KCI- LSI Ikrama Masloman.

Sementara itu di kantong suara pemilih etnis atau suku, KCI- LSI melakukan survey untuk pemilih dari tiga etnis terbesar di Sulut. Yaitu Minahasa, Sangir/Sangihe, dan Bolaang Mongondow dimana basis pemilihnya jika digabungkan mencapai 77,3%.

Baca Juga :  Mustarin: Semua Data Harus Valid dan Menjamin Hak Pilih

Khusus untuk etnis Bolaang Mongondow, dukungan terhadap Olly – Steven pada etnis ini mencapai 70,4%, dukungan terhadap CEP-Sehan sebesar 19,7% tertinggi kedua dan VAP-Hendry sebesar 5,6%.

Perlu diketahui bahwa etnis Mongondow tersebar merata di Kotamobagu, Bolmong, Boltim, Bolsel, dan Bolmut, serta di beberapa daerah lainnya di Sulut terutama Manado.

Kuatnya posisi Olly- Steven di BMR juga tak lepas dari solid dan mengakarnya partai pengusung di BMR. Terutama PDI Perjuangan yang memenangi Pileg 2019 di Kotamobagu, Bolsel, Bolmong dan Bolmut, dan posisi kedua di Boltim. Selain itu partai pendukung seperti PKB, Gerindra, PSI, dan Perindo di BMR juga solid mendukung.

Sekadar diketahui, KCI- LSI kemarin memaparkan hasil temuan dan analisis survei yang dilakukan tanggal 22 – 29 Agustus 2020, terhadap kekuatan para kandidat di enam kantong pemilih penting sebelum masa kampanye.

Enam pemilih penting yaitu pemilih emak-emak, pemilih protestan, pemilih muslim, pemilih milenial, dan pemilih terpelajar, serta pemilih etnis/suku.

“Dari enam kantong pemilih penting di atas, dapat disimpulkan bahwa keunggulan Olly- Steven terhadap dua kompetitornya CE- Sehan dan VAP- Hendry, jika dibuatkan skor dari 6 kantong tersebut, maka Olly – Steven menang 6-0 dari dua kompetitornya CEP-Sehan dan VAP-Hendry,” kata Ikrama saat konferensi pers di Hotel Aston Manado.

Ikrama menjelaskan, jelang Pilkada 2020 yang tinggal menghitung hari (Per hari ini, tersisa 86 hari lagi menjelang pemungutan suara 9 Desember 2020), survei terkini LSI pasca pendaftaran menunjukkan bahwa Olly Dondokambey – Steven Kandouw masih unggul dua digit bahkan diatas 40% dari dua kompetitornya, pasangan Christiany Eugenia Paruntu (CEP) – Sehan Salim Landjar dan Vonny A Panambunan (VAP)-Hendry Runtuwene.​

Baca Juga :  Ditunjuk Ketua DPRD Kotamobagu, Mekal Sebut Olly Dondokambey dan Steven Kandouw Mentor Politiknya

Elektabilitas Olly – Steven berada pada angka 68,1%. Sementara elektabilitas CEP-Sehan sebesar 16.9% dan VAP-Hendry sebesar 7,2%. Mereka yang belum menentukan pilihan tersisa 7.8%.

Sejak bulan April 2020, elektabilitas ketiga pasangan calon memiliki tren peningkatan dari bulan April ke bulan agustus, namun tren peningkatan merata. (nza)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top