.
Berita Politik

Ukir Sejarah, Kotamobagu Kini Jadi ‘Kandang’ Banteng. Berikut Catatannya!

Ukir Sejarah, Kotamobagu Kini Jadi ‘Kandang’ Banteng. Berikut Catatannya! Berita Politik
Ilustrasi. (Google)
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Pleno di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sedang berlangsung di empat kecamatan di Kota Kotamobagu.

Namun demikian, data dari C1 yang dikumpulkan di kamar hitung DPC PDI Perjuangan Kotamobagu dan rekapan Badan Kesbangpol Kotamobagu, telah menempatkan partai berlambang banteng moncong putih sebagai pemenang.

Dengan kemenangan ini, PDI Perjuangan Kotamobagu mencatatkan beberapa catatan sejarah penting selama pelaksanaan Pemilu di daerah ini. (tr2/vdm)

1. Kuasai Kotamobagu

Untuk pertama kali sejak Pemilu tahun 1999, PDI Perjuangan memenangi Pemilu di Kotamobagu.

2. Jumlah Kursi di DPRD Naik 100 Persen

Perolehan enam kursi pada Pemilu 2019 ini menandai kebangkitan PDI Perjuangan di Kotamobagu. Pemilu 2014 raihan kursi hanya tiga, tahun ini naik 100 persen.

3. Rebut Kursi Ketua DPRD

Hasil Pemilu 2019 ini untuk pertama kalinya Ketua DPRD Kotamobagu akan ditempati kader PDI Perjuangan. Ini akan menjadi penyeimbang karena di jajaran eksekutif, Walikota Kotamobagu berasal dari Partai NasDem.

4. Ketua DPRD dari Kotamobagu Selatan

Sejak Kota Kotamobagu mekar menjadi daerah otonom terpisah dengan Bolaang Mongondow (Bolmong), belum pernah Ketua DPRD dari Kotamobagu Selatan. Dengan kemenangan PDI Perjuangan kali ini, Ketua DPRD dapat dipastikan dari Kotamobagu Selatan.

5. Dapil 1 Raih 3 Kursi

Untuk pertama kalinya PDI Perjuangan meraih lebih dari 1 kursi di Dapil ini. Raihan 3 kursi ini menyamai perolehan PAN pada Pemilu 2014 lalu di Dapil yang sama.

6. Dapil 3 Raih 2 Kursi

Pertama kalinya di Dapil 3 PDI Perjuangan raih 2 kursi selama pelaksanaan Pemilu. Sebelum-sebelumnya hanya 1 kursi.

7. Catatan Positif Ketua DPC

Ketua DPC PDI Perjuangan Kotamobagu, Meiddy Makalalag, menorehkan hasil positif karena di bawah kepemimpinannya partai ini merebut kemenangan untuk pertama kalinya di Kotamobagu.

8. Bisa Mengusung Pasangan Walikota dan Wakil Walikota

Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu tahun 2023 mendatang untuk pertama kalinya juga PDI Perjuangan dipastikan bisa mengusung calon sendiri tanpa harus berkoalisi.

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top