Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Simak di Sini! Ini Kiat Mudah Cegah Dehidrasi Saat Berpuasa Bulan Ramadhan


25 Mar 2023 10:17 WITA


 Simak di Sini! Ini Kiat Mudah Cegah Dehidrasi Saat Berpuasa Bulan Ramadhan Perbesar

KRONIK TOTABUAN – Ada kiat yang sebaiknya dilakukan disaat menjalankan ibadah puasa agar tubuh tidak mudah dehidrasi atau kekurangan cairan.

Dehidrasi biasanya menimbulkan gejala seperti pusing, sakit kepala dan lemas. Hal itu tentu akan mengganggu kamu untuk beraktivitas dengan maksimal.

Dirangkum media ini dari berbagai sumber, Sabtu, 25 Maret 2023, berikut tips yang dapat membantu menghindari dehidrasi selama berpuasa di bulan Ramadhan.

  1. Hindari Aktifitas Olahraga Berat

Kamu tetap dianjurkan untuk berolahraga secara rutin selama berpuasa, agar tubuh tetap sehat dan kuat. Meski begitu, hindarilah melakukan olahraga berat untuk mencegah dehidrasi saat puasa.

Sebaliknya, pilihlah olahraga yang ringan, seperti jalan kaki, jogging, yoga, atau zumba. Waktu terbaik untuk berolahraga selama puasa adalah setelah berbuka puasa karena tubuh telah diberi makanan dan minuman untuk memasok energi.

  1. Tetap Minum Air Sesuai Kebutuhan

Sebenarnya kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Namun rata-rata orang dewasa membutuhkan setidaknya dua liter air perhari yang bisa dibagi menjadi delapan gelas air.

Ketika berbuka puasa atau sahur, lebih baik minum air hangat daripada air dingin karena lebih cepat diserap tubuh. Dianjurkan untuk mengonsumsi sup setiap hari selama bulan suci Ramadan karena sup merupakan sumber cairan yang baik.

Selain itu, buah-buahan serta sayuran seperti semangka, tomat, mentimun, anggur, dan lain-lain yang terkenal dengan kandungan airnya yang tinggi, dapat membantu mengurangi rasa haus.

  1. Hindari Penggunaan Garam Berlebihan

Sebaiknya hindari makanan yang mengandung banyak rempah saat berbuka puasa karena hal ini bisa meningkatkan kebutuhan tubuh akan air. Selain itu, disarankan agar penggunaan garam dalam salad dan saat memasak dikurangi.

Garam berpengaruh terhadap pengaturan cairan dalam tubuh. Mengonsumsi makanan asin bisa mengacaukan pengaturan tersebut dan akhirnya membuatmu cepat haus.

  1. Batasi Makanan Manis

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan permen meningkatkan rasa haus karena mengandung banyak gula. Sebaliknya, makanlah buah-buahan yang memberi tubuh Anda cairan dan memuaskan dahaga.

  1. Hindari Kafein dan Nikotin

Kafein adalah diuretik alami karena meningkatkan kehilangan cairan dan rasa haus. Anda dianjurkan agar menghindari minuman berkafein selama Ramadan.

Ini termasuk minuman berenergi dan berkarbonasi, teh, serta kopi. Hindari juga merokok karena dapat memicu mulut kering dan haus terus-menerus. (Rto)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 102 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Polsek Batang Hari Leko Gelar Sunatan Massal hingga Bansos Jelang Hari Bhayangkara ke-78

21 Juni 2024 - 20:17 WITA

Tindak Lanjuti Pengajuan Proposal Rehabilitasi Gelora Ambang, Pj. Walikota Kunjungi Kemenpora

21 Juni 2024 - 18:23 WITA

Asisten 1 Setda Kotamobagu Terima Kunker Kanwil Kemenkumham Sulut

20 Juni 2024 - 20:16 WITA

Pj. Walikota Lakukan Kunker ke RSI Jakarta, Ini yang Dibahas

20 Juni 2024 - 20:08 WITA

Lestarikan Tradisi Bekarang, Pemkab Muba Akan Gelar Festival Embung Senja

20 Juni 2024 - 17:09 WITA

Meiddy- Haris Menguat Diusung PDIP di Kotamobagu, Ini Penegasan DPP

20 Juni 2024 - 06:11 WITA

Trending di Berita Daerah