Menu

Mode Gelap

Health

Simak! Ini Tips Cegah Lonjakan Kolesterol Ketika Santap Makanan Saat Perayaan Natal


26 Des 2023 12:39 WITA


 Simak! Ini Tips Cegah Lonjakan Kolesterol Ketika Santap Makanan Saat Perayaan Natal Perbesar

KRONIK TOTABUAN – Perayaan Natal identik dengan momen suka cita dan kebahagiaan. Kemeriahan ini tentu kurang afdol tanpa sajian aneka kuliner yang lezat nan menggugah selera.

Beberapa makanan saat Hari Natal biasanya berasal dari olahan daging dan tepung. Belum lagi kudapan manis serta camilan khas Natal yang selalu menggoda untuk terus menyantapnya.

Sejumlah ahli kesehatan menyarankan Anda agar lebih bijak mengonsumsinya. Jangan sampai kolesterol dan gula darah naik akibat makan sajian khas Natal secara berlebihan.

Seperti dilansir British Heart Foundation, Selasa (26/12/2023), berikut tips sehat menyantap makanan enak saat perayaan Natal:

1. Makan Tidak Berlebihan
Jangan berlebihan saat mengonsumsi sajian Natal. Banyak dari kita makan lebih banyak dari biasanya selama periode Natal. Anda tetap bisa mencicipi hidangan Natal yang lezat dan tersaji di rumah.

Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, porsinya secukupnya saja. terutama hidangan seperti daging yang kaya lemak hingga makanan manis.

2. Pilih yang Paling Sehat
Bila ada menu makanan yang kaya akan sayur dan buah, cobalah konsumsi lebih banyak dibandingkan makanan yang lain. eberapa rekomendasi menu yang sehat di momen Natal seperti dada ayam, tumis sayuran hingga dessert dari buah-buahan.

3. Perbanyak Sayuran
Seimbangkan asupan daging dan makanan manis, dengan memperbanyak sayur di piring. Anda tetap bisa menikmati sajian daging tersebut. Namun, tak ada salahnya melebihkan ssyur mayur sebagai pelengkap menu Natal.

4. Cukup Minum Air Putih
Beragam sajian minuman perasa juga hadir di meja makan saat perayaan Natal. Namun, mengingat ada banyak menu makanan yang dimakan, disarankan untuk tetap memilih air mineral sebagai minuman utama. Pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan air mineral ya!

5. Perbanyak Sosialisasi
Satu lagi tips sehat saat menyantap hidangan Natal ialah perbanyak bersosialisasi dengan keluarga. Di momen Natal ini, tentu momen kumpul bareng keluarga jadi suatu yang dinantikan, perbanyak berbincang dengan keluarga saat perayaan Natal.

Hal ini juga dapat membuat fokus Anda sedikit teralihkan dari makanan. Dengan begitu, Anda bisa mengonsumsi makanan Natal dengan bijak dan tak berlebihan.

Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Ahli Sebut Tanda-tanda Serangan Jantung Bisa Didentifikasi, Ini Penjelasannya

23 Februari 2024 - 13:50 WITA

Jarang Diketahui! Ini 4 Manfaat Rutin Mengkonsumsi Pop Corn

27 Januari 2024 - 18:49 WITA

Jarang Diketahui! Ternyata 5 Daun Ini Ampuh Libas Gejala Kolesterol

21 Januari 2024 - 15:32 WITA

Simak! Berikut 5 Tips Cegah Flu dan Batuk di Musim Penghujan

16 Januari 2024 - 12:54 WITA

Waspada Kelesterol Tinggi Tak Biasa! Ahli Ungkap Berikut Gejalanya

15 Januari 2024 - 13:43 WITA

Simak! Ini 5 Manfaat Nangka Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

11 Januari 2024 - 11:05 WITA

Trending di Headline News