Sulut

3 Tahun Pimpin Sulut, Berikut Prestasi OD-SK

3 Tahun Pimpin Sulut, Berikut Prestasi OD-SK Sulut
Olly Dondokambey
Kroniktotabuan.com

MANADO– Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey memaparkan kinerjanya selama tiga tahun menjabat.

Menurut Olly, pertumbuhan ekonomi Sulut terus menunjukkan geliat positif sejalan dengan perkembangan global dan nasional. Pada 2017, pertumbuhan ekonomi Sulut ada di angka 6,32 persen. Capaian ini jadi yang tertinggi dalam 4 tahun terakhir

Sementara itu, di triwulan III tahun 2018, ekonomi Sulut mencapai 6,01 persen. Capaian ini lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,27 persen.

Prestasi dalam ekonomi turut berdampak pada angka kemiskinan dan pengangguran. Gubernur Olly mengungkapkan, bahwa program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) yang dicetusnya menunjukan hasil yang maksimal.

“Berkat program ODSK angka kemiskinan di Sulut pada 2018, mampu kami tekan hingga 7,59 persen. Lebih baik dari tahun 2016 yang ada di 8,20 persen,” ungkap Olly, Rabu (13/2/2019) di Manado.

Hal senada terjadi pada angka pengangguran. Pada 2018 angka pengangguran di Sulut mencapai 6,86 persen, turun dari tahun 2017 yang sebesar 7,19 persen.

Sebagai informasi, program ODSK telah menerima penghargaan TOP 99 Inovasi Pemerintah Daerah serta Penghargaan Adhi Purna Prima Award sebagai provinsi dengan tingkat kemiskinan terendah se-pulau Sulawesi.

Dalam bidang infrastruktur, Olly mengungkapkan kemajuan juga diraih. Realisasi fisik pembangunan dua Bendungan, yaitu Lolak dan Kuwil terus dikebut agar masyarakat bisa segera merasakan manfaatnya.

“Lolak sampai dengan tahun 2018 persiapannya sebesar 60 persen dan ditargetkan selesai tahun ini. Sementara itu, realisasi fisik pembangunan Bendungan Kuwil sampai dengan tahun 2018 sebesar 36,5 persen,” ujar Olly.

Lalu di sektor pariwisata Sulut mencapai kinerja yang memuaskan. Tak hanya meningkat dibanding tahun lalu, jumlah kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara juga sukses melampaui target.

“Target jumlah wisatawan lokal adalah 1,5 juta dan hasil yang dicapai adalah 1,9 juta. Sedangkan target untuk jumlah kunjungan wisatawan mancanegara adalah 100.000 orang dan hasil yang dicapai adalah 127.879 orang,” ungkap Olly. (gesuri)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top