.
Sulut

AMSI Sulut Wilayah ke-4 Diverifikasi Dewan Pers

AMSI Sulut Wilayah ke-4 Diverifikasi Dewan Pers Sulut
Tim Dewan Pers melakukan verifikasi faktual terhadap AMSI Sulut.
Kroniktotabuan.com

MANADO– Perlahan namun pasti Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) kian berproses menjadi konstituen Dewan Pers. Itu ditandai dengan dilakukannya verifikasi AMSI yang ada di daerah-daerah. 

Setelah Jawa Timur, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan belum lama ini diverifikasi, kini giliran AMSI Sulawesi Utara menjadi provinsi ke-4 yang dilakukan verifikasi oleh Dewan Pers, Kamis (21/2/2019). 

AMSI Sulut yang dipimpin Agustinus Hari (Ketua) dan Supardi Bado (Sekretaris) menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) pada 14 Oktober 2018 sebagai wilayah ke-2 berdiri sejak AMSI Nasional melaksanakan Kongres 1 di Jakarta pada 2017. 

Verifikasi Dewan Pers di Sekretariat AMSI Sulut dipimpin Hendry Ch Bangun dan Chelsia Tan (staf ahli Dewan Pers) dan diterima para pengurus dan pemimpin media online yang tergabung dalam AMSI Sulut. 

Hendry saat itu menekankan agar media siber di bawah AMSI dapat memenuhi berbagai persyaratan yang menjadi konsen Dewan Pers.

“Utamanya terkait konten yang berkualitas dan pengelolaan perusahaan pers secara profesional. Termasuk yang penting adalah badan hukum yang benar-benar hanya mengelolah media siber dan tidak campur aduk dengan aktivitas lain sehingga bisa menjaga independensi media,” ujarnya.

Dewan Pers juga meminta daftar keanggotaan media siber yang bernaung di bawah AMSI Sulut, dokumen legal perusahaan pers dan bukti terbit.

Terkait organisasi AMSI, juga ditanyakan kegiatan dan program kerja yang telah dilakukan AMSI setahun terakhir.

“Kelihatannya untuk verifikasi organisasi tidak masalah. Tinggal keanggotan yakni media-media yang tergabung dalam AMSI Sulut yang harus diperbaiki item-item yang sesuai syarat Dewan Pers. Seperti slip gaji, gaji sesuai UMP, kode perilaku perusahan dan lain-lain,” kata Hendry yang diamini Chelsie. 

Pengurus AMSI Sulut menyampaikan terima kasih atas kedatangan Dewan Pers yang telah datang memverifikasi. 

“Puji syukur, verifikasi AMSI Sulut oleh Dewan Pers berjalan lancar. Ini membuktikan AMSI sangat siap untuk menjadi konstituen Dewan Pers dan membantu mewujudkan masyarakat pers, khususnya media siber yang berkualitas dan bertanggung jawab bagi publik,” kata Ketua AMSI Sulut, Agustinus Hari.

Media anggota AMSI Sulut merupakan media mainstream dan terpercaya yakni yakni TribunManado.co.id, Barta1.com, SatuBMR.com, PortaMongondow.com. Kemudian KabarManado.com, KabarPost.com, BeritaManado.com, Manadosiana.com, BeritaKawanua.com, ZonaUtara.com, MediaTotabuanOnline.com, KronikTotabuan.com dan PublikReport.com

(ahr)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top