Senin, 18 Desember 2017
Tetaplah Terhubung dengan Kami : RSS/Feed Facebook Twitter

Depan » Sulut » Punya Delapan Penyakit Ini, BPJS Bakal Tak Tanggung 100%
Sabtu 25 November 2017, 3:13 AM - Editor: admin

Punya Delapan Penyakit Ini, BPJS Bakal Tak Tanggung 100%


MANADO– Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang memiliki delapan penyakit kronis dengan perawatan panjang harus siap menanggung biaya.

BPJS Kesehatan tak akan lagi menanggung 100% biaya perawatan penyakit kronis seperti sakit jantung, gagal ginjal, kanker, stroke, sirosis hepatitis, thalasemia, leukimia dan hemofilia. Peserta nantinya akan dilibatkan mendanai biaya perawatan (cost sharing) berbiaya tinggi (katastropik).

Kepala Cabang Badan Pelaksana Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan Cabang Manado, Greisthy Borotoding mengungkapkan, rencana itu sedang dikaji.

“Mengenai hal tersebut merupakan satu di antara opsi untuk menutupi defisit pembiayaan selama ini,” ujarnya, Jumat (24/11/2017).

Menurut dia, rencana itu masih harus dibahas dan dikaji terlebih dahulu, sehingga masih belum berlaku. Sebab mekanisme untuk pelaksanaannya harus jelas, berapa yang harus ditanggung oleh pihaknya, berapa harus ditanggung masyarakat.

“BPJS Kesehatan sendiri tidak ingin adanya wacana mengenai aturan tersebut,” ungkapnya. Namun demikian jika memang nantinya akan diberlakukan akan berbentuk peraturan Kementerian Kesehatan RI atau ketetapan Kemenkes.
Tapi saat ini belum berlaku, seluruh peserta JKN ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan, kecuali jika yang bersangkutan tidak menginginkan adanya penjaminan itu.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris menjelaskan, pembiayaan perawatan penyakit katastropik selama ini cukup menguras kantong BPJS Kesehatan. Setidaknya ada delapan penyakit katastropik yang akan dipilih untuk dibiayai dengan skema cost sharing.

Meski begitu, Fahmi masih belum merinci porsi pendanaan perawatan yang akan dibebankan kepada peserta BPJS Kesehatan Hingga kini Kesehatan masih menghitung rincian beban yang akan dibagi bersama peserta jaminan kesehatan nasional (JKN). (trb/vdm)

Sumber: tribunnews




Redaksi: kroniktotabuan@gmail.com
Untuk pemasangan iklan hubungi:
081242786657