Sulut

Upaya Gubernur Berhasil, PT Djarum Beli Cengkih Sulut dengan Harga Layak

Upaya Gubernur Berhasil, PT Djarum Beli Cengkih Sulut dengan Harga Layak Sulut
Kroniktotabuan.com

MANADO– Petani cengkih di Sulawesi Utara (Sulut) yang sedang bersiap menghadapi panen raya sudah bisa bernafas lega sedikit.

Upaya Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey untuk mengintervensi harga cengkih berhasil.

PT Djarum Kudus sudah menyatakan kesiapannya membeli cengkih petani Sulut dengan harga layak yakni Rp85 ribu per kilogram.

Baca Juga: Panen Raya, Petani Cengkih di Boltim Kesulitan Cari Tukang Panjat

Kesanggupan PT Djarum Kudus tersebut disampaikan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut, Edwin Silangen, usai melakukan pertemuan dengan perwakilan salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia tersebut, Senin (24/6/2018).

“PT Djarum akan beli cengkih petani kita dengan harga Rp85 ribu per kilogram, dengan kadar air 13 persen,” ungka Silangen didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jenny Karouw, dan Kepala Biro Protokol dan Humas, Dantje Lantang.

“Dengan hitungan tersebut diharapkan petani bisa memperoleh untung yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,”

“Kesiapan PT Djarum dan pabrikan lainnya merupakan upaya Pak Gubernur mengintervensi harga cengkih yang saat ini melemah. Melemahnya harga jual cengkeh merupakan pengaruh dari hukum pasar. Artinya, saat produksi meningkat dan permintaan menurun, harganya pun terdampak ikut melemah,” pungkasnya. (zha)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top