Berita Daerah

Banyak Warga Kotamobagu Kena Penyakit Gatal- gatal

Banyak Warga Kotamobagu Kena Penyakit Gatal- gatal Berita Daerah Berita Kotamobagu Uncategorized
Kroniktotabuan.com
Banyak Warga Kotamobagu Kena Penyakit Gatal- gatal Berita Daerah Berita Kotamobagu Uncategorized

Ahmad Yani Umar

KOTAMOBAGU– Pascalebaran, banyak warga yang terserang penyakit kulit seperti gatal- gatal. Hal tersebut dipicu oleh pemanfaatan air yang mengandung bakteri jahat untuk mandi dan dikonsumsi setiap hari.
“Data yang masuk di Dinkes Kotamobagu, banyak warga yang mengalami penyakit gatal- gatal. Ini wajib kita waspadai. Sebab, selain air yang kita minum,  ternyata air yang biasa kita pakai untuk mandi juga terdapat bakteri yang mengakibatkan timbulnya penyakit ini,” kata Kepala Dinkes Kotamobagu Ahmad Yani Umar, Rabu (5/7).
Yani menjelaskan, penyakit kulit dapat berdampak buruk bagi fungsi organ tubuh. Sebab bakteri yang terkandung didalam air tersebut bisa hidup di dalam sistem pencernaan bahkan bisa masuk melalui pori- pori manusia.
“Jangan anggap remeh penyakit ini. Bisa saja karena kita hanya menganggap penyakit kulit biasa saja, padahal berbahaya,” ujarnya.
Lanjutnya, untuk mendapatkan kualitas air minum yang sehat, harus dimasak pada suhu yang tinggi. “Air yang bagus dikonsumsi adalah air yang dimasak hingga mendidih 99 derajat celcius. Juga, untuk yang dipakai mandi, seharusnya air yang terjaga kualitasnya. Misalnya air sumur, harus rutin dibersihkan sumur tersebut agar tidak hidup bakteri yang tidak baik yang mengancam kesehatan kita,” imbaunya. (rez)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top