Esok Pemuda Gogagoman Dirikan Pasar Senggol
Berita Daerah

Esok Pemuda Gogagoman Dirikan Pasar Senggol

Esok Pemuda Gogagoman Dirikan Pasar Senggol Berita Daerah Berita Kotamobagu Uncategorized
Kroniktotabuan.com

 

Esok Pemuda Gogagoman Dirikan Pasar Senggol Berita Daerah Berita Kotamobagu Uncategorized

Suasana hearing di kantor DPRD Kotamobagu, Selasa (13/6).

KOTAMOBAGU– Meski tidak diberi izin oleh Pemkot Kotamobagu, pemuda dan masyarakat Gogagoman tetap akan mendirikan Pasar Senggol di kelurahan tersebut. Bahkan rencananya esok pemuda dan masyarakat sudah mulai melakukan pengkuran lokasi sekaligus pendirian tenda dan lapak.

“Kami tidak terima didiskriminasi oleh Pemkot Kotamobagu yang memindahkan Pasar Senggol ke Poyowa Kecil. Perlu diingat bahwa Pasar Senggol sudah 28 tahun digelar oleh pemuda masyarakat Gogagoman. Ratusan orang mencari rezeki di situ setiap jelang lebaran. Ketika Pemkot mengeluarkan izin hanya di Poyowa Kecil dan di Gogagoman dilarang, maka kami masyarakat punya hak melakukan perlawanan. Esok kami tetap akan lakukan pengukuran dan dirikan Pasar Senggol di lokasi yang sudah ditentukan,” kata Pemuda Gogagoman Sofian Bede di hadapan forum hearing yang digelar DPRD Kotamobagu, Selasa (13/6).

“Pasar Senggol yang akan kami dirikan bukan tandingan. Justeru yang di Poyowa Kecil itulah tandingan. Karena Pasar Senggol sudah sejak 28 tahun lalu kami gelar. Jadi yang bikin tandingan itu Pemkot, bukan kami,” ungkapnya.

Di forum hearing tersebut, pemuda dan pedagang tergabung dalam Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) Kotamobagu meminta aparat keamanan menjaga proses pendirian Pasar Senggol yang akan mereka lakukan esok.

“Yang mewakili Dandim 1303 Bolmong dan Kapolres Bolmong, kami hanya ingin sampaikan bahwa Pasar Senggol ini urusan perut. Begitu juga dengan utusan Pemkot Kotamobagu, kami ingin sampaikan pesan ini lebih dulu. Apapun akan kami lakukan untuk urusan ini. Banyak orang menggantungkan harapan mendapat rezeki jelang lebaran di Pasar Senggol. Sehingga ketika ada perlakuan tidak mengenakan kepada kami, tidak ada kata diam,” katanya.

Anggota DPRD Kotamobagu Herdy Korompot mendukung rencana pemuda dan masyarakat Gogagoman. “Asal tetap dijaga keamanan daerah. Aparat keamanan dan Pemkot, kami minta tidak melakukan langkah berlebihan menyikapi permasalahan ini. Sebab urusan Pasar Senggol ini sudah jauh hari kami ingatkan, supaya Pemkot tidak membuat kegaduhan dengan memindahkannya ke Poyowa Kecil. Biarlah di Poyowa Kecil jalan dan di Gogagoman juga sama. Agar tidak ada diskriminasi,” kata Herdy.

Hearing dipimpin langsung Ketua DPRD Kotamobagu Ahmad Sabir. Sejumlah anggota DPRD hadir. Perwakilan dari Pemkot masing- masing, Asisten II Gunawan Damopolii,  kepala Disdagkop & UKM Herman Aray, Kepala Kesbangpol Irianto Mokoginta, Kepala Dishub Dolly Dzulhadji dan Kepala Satpol PP Sahaya Mokoginta. Perwakilan masyarakat Gogagoman di antaranya Lendi Mokodompit, Rivai Mokodompit, Sofian Bede, Andi Ladu, serta ratusan pedagang. (rab)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top