Perlukah Kita Dengan Antioksidan? Berita Olahraga Uncategorized
Kroniktotabuan.com

Perlukah Kita Dengan Antioksidan? Berita Olahraga Uncategorized

dr Eka Budiyanti 

Sering kali kita mendengar kata antioksidan ini dikalangan wanita khususnya. Sehingga banyak kita jumpai berbagai produk antioksidan yang beredar dimasyarakat, mulai dari tablet hingga kapsul yang berisi berbagai macam senyawa antioksidan. bahkan produk makanan tambahan yang laris manis. Masalahnya, apakah kita memang sudah membutuhkan antioksidan tambahan itu..??

Apa sih sebenarnya antioksidan itu?

Antioksidan merupakan sebutan suatu zat yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas. Yang termasuk ke dalam golongan zat ini antara lain vitamin, polipenol, karotin dan mineral. Secara alami, zat ini sangat besar peranannya pada manusia untuk mencegah terjadinya penyakit.

Antioksidan melakukan semua itu dengan cara menekan kerusakan sel yang terjadi akibat proses oksidasi radikal bebas.
Nah sekarang yang menjadi pertanyaan kedua, apa sih radikal bebas itu?

Istilah radikal bebas pertama kali diungkapkan Denham Harman dari University of Nebraska Medical centre di Omaha, yaitu zat yang dihasilkan tubuhndan dapat mengoksidasi sel juga jaringan, sehingga tubuh mengalami kerusakan.
Proses peradangan, kekurangan nutrisi essensial dan respon terhadap radiasi sinar gamma atau ultra-violet (UV), polusi lingkungan dan asap rokok,akan meningkatkan produksi radikal bebas dalam tubuh. Selain dari dalam tubuh, radikal bebas bisa muncul dari makanan berbahan kimia ( makanan dengan pengawet), polusi lingkungan ( asap kendaraan, pabrik dan rokok).

Dan disinilah fungsi dari antioksidan sebagai penangkal radikal bebas agar tidak terjadi kerusakan (oxidative damage) pada jaringan tubuh. Dengan adanya antioksidan ini maka tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang dikaitkan dengan radikal bebas akibat berkurangnya jumlah antioksidan dalam tubuh diantaranya :

  1. Kanker
  2. Penyakit jantung koroner.
  3. Diabetes Melitus.
  4. Infertilitas.
  5. Katarak .
  6. Rheumatoid Arthritis.
  7. Penuaan dini.
  8. Penyakit system pernafasan.

Bagaimana cara menangkal radikal bebas itu?

Sebelum menimbulkan masalah serius dalam tubuh, radikal bebas dapat ditangkal dengan cara-cara sebagai berikut :

  1. Sebisa mungkin hindari paparan zat kimia berbahaya (terutama dari makanan tambahan), polusi lingkungan, asap rokok dan radiasi UV (sinar matahari di siang hari).

  2. Terapkan pola makan dengan gizi seimbang.

  3. Olah raga teratur sesuaikan dengan usia.

  4. Istirahat cukup dan hindari stress.

  5. Konsumsi suplemen jika diperlukan.

  6. Lakukan pemeriksaan status antioksidan.

Darimana sumber antioksidan?

  1. Antioksidan bisa dengan mudah kita dapatkan dari makanan. Sayangnya banyak yang tidak mengetahui bahwa makanan tersebut sebenarnya banyak mengandung antioksidan sehingga mereka membeli suplemen antioksidan yang harganya cukup mahal. Beberapa contoh makanan sumber antioksidan antara lain :

  2. Vitamin A : Wortel, brokoli, sayur hijau, bayam, labu, hati, kentang, telur, aprikot, mangga, susu dan ikan.

  3. Vitamin C : Lada/merica, cabe, peterseli, jambu biji, kiwi, brokoli, taoge, kesemek, pepaya, stroberi, jeruk, lemon, bunga kol, bawang putih, anggur, raspberri, jeruk kepruk, bayam, tomat dan nanas.

  4. Vitamin E : Asparagus, alpukat, buah zaitun, bayam, kacang kacangan, biji bijian, minyak sayur, sereal.

  5. Karotin : Beta karoten, lutein, likopen, wortel, labu, sayur sayuran hijau, buah buah berwarna merah, tomat, rumput laut.

  6. Polipenol : Buah berri, teh, bir, anggur, minyak zaitun, cokelat, kopi, buah kenari, kacang, kulit buah, buah delima dan minuman anggur.

  7. Sekarang anda tahu bahwa makanan yang sebenarnya sudah sering kita makan sehari hari ternyata mengandung antioksidan yang sangat diperlukan untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Jadi, sudahkah anda makan buah hari ini?

 

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top