Tatong- Yasti Akan Barter Pejabat Berita Daerah Berita Kotamobagu Uncategorized
Kroniktotabuan.com
Tatong- Yasti Akan Barter Pejabat Berita Daerah Berita Kotamobagu Uncategorized

Walikota Kotamobagu Tatong Bara dan Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, bersama jajaran kepala SKPD dari ke dua daerah. (ist)

KOTAMOBAGU– Kedekatan personal antara Walikota Kotamobagu Tatong Bara dan Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, dimanfaatkan keduanya untuk saling menopang kinerja pemerintahan di daerah yang mereka pimpin. Salah satunya adalah rencana barter atau pertukaran Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menduduki jabatan eselon dua dan tiga.

Informasi diperoleh kroniktotabuan.com, Yasti meminta kepada Tatong sejumlah ASN Kotamobagu untuk memperbaiki tatakelola keuangan, pengawasan dan perencanaan di Bolmong. Pasalnya, tiga hal itu menurut Yasti sangat lemah di Bolmong dan ASN di sana belum mumpuni seperti di Kotamobagu.

Dari sejumlah ASN Kotamobagu yang diminta Yasti, setidaknya ada empat orang yang hampir pasti diiyakan Tatong untuk pindah. Mereka di antaranya Plt Kepala Dinas Kesehatan Ahmad Yani Umar, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Yarlis Hatam, Sekretaris Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Penanaman Modal (DPTSP & PM) Ficko Mokodompit dan Kabag Hukum Sarida Mokoginta.

“Yang masih terus didiskusikan oleh walikota dan bupati adalah Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Rio Lombone. Walikota masih mempertahankannya. Apalagi sekarang Rio merangkap juga kepala Insepktorat. Tapi kalau Rio tidak jadi, tidak masalah karena Yani dan Ficko sama- sama kuat dalam pengelolaan keuangan dan pengawasan,” beber sumber resmi, Jumat (29/6).

“Kalau ASN Bolmong, kemungkinan besar Kepala Dinas Pertanian Taufik Mokoginta yang akan ke Kotamobagu. Selain itu beberapa tenaga fungsional seperti dokter ahli di Rumah Sakit Datoe Binangkang diminta dipindah ke Rumah Sakit Kotamobagu,” tambah sumber.

Walikota Tatong Bara dan Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow membenarkan soal barter ASN terutama pejabat eselon dua dan tiga. “Ini bagian dari komitmen saya dan Ibu Bupati untuk saling mendukung demi kemajuan bersama. Apa yang unggul di Kotamobagu, bisa dibawa dan ditularkan di Bolmong. Begitu juga sebaliknya,” kata Tatong saat menjamu rombongan Bupati Bolmong di rumah dinasnya, Rabu (27/6) lalu.

Sementara itu Yasti mengungkapkan, aturan membolehkan pertukaran ASN. “Kita saling mengisi satu dengan lainnya. Kalau ada yang masih lemah di Kotamobagu dari Bolmong bisa membantu, begitu juga sebaliknya,” ujar Yasti di tempat yang sama. (rab)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
To Top