Advertorial

14 Tahun Jadi Ibu Kota Bolmong, Baru di Kepemimpinan Yasti Lolak Terang Benderang

Foto Advertorial
Kecamatan Lolak di malam hari sudah terang benderang.

KRONIK TOTABUAN – Kabupaten Bolaang Monggondow (Bolmong) dibawah kepemimpinan Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati (Wabup) Yanny Ronny Tuuk, banyak menunjukan berbagai kemajuan, mulai dari peningkatan infrastrukturnya, pendidikan, pertanian, perikanan hingga bidang kesehatan serta memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

Salah satu upaya peningkatan infrastruktur yakni pembangunan kawasan Ibukota Bolmong, Kecamatan Lolak. Sejak dimulainya pelebaran jalan, wajah ibu kota Bolmong terus dipercantik seperti ditanami pohon tabebuya di sepanjang median jalan hingga diadakannya program Penerangan Jalan Umum (PJU) di 3.600 meter median jalan.

Kepala Dinas (Kadis) Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Bolmong Soehendra Hamin menyebut, program PJU tersebut merupakan komitmen dari Bupati Yasti untuk mengembangkan dan mempercantik Ibukota.

Foto Advertorial

“Kabupaten Bolmong dibawah Pimpinan Bupati Yasti, berkomitmen bahwa mengembangkan Kabupaten Bolmong terutama ibu kota, salah satu bentuk perhatian dan komitmennya. Lolak sebagai ibu kota harus dipercantik dan disesuaikan pembangunannya sesuai dengan peruntukan kota,” ujar Hendra.

Ia menerangkan, sepanjang 3.600 meter median jalan tersebut terdapat 137 titik PJU yang dipasang. Terdiri dari 2 cabang mata lampu kiri dan kanan.

Foto Advertorial

“PJU yang dibangun 137 tiang, per tiangnya ada 2 cabang dan telah dipasangi 4 mata lampu, masing-masing dua lampu di kiri dan kanan. Kita juga telah melakukan uji coba beberapa kali pada malam hari dan alhamdulillah disambut antusias warga. Pada pokoknya ini merupakan komitmen dari Kepemimpinan Bupati Yasti dan Wabup Yanny dalam membangun ibu kota sejak dilantik pada 2017 lalu, selain itu, momentum ini juga bertepatan dengan HUT kemerdekaan RI yang ke-76,” terangnya.

Menariknya kata Hendra, PJU ini sendiri memakai pulsa token listrik pada setiap panelnya, dibagi dalam 6 median. Sementara untuk proses kerjanya, PJU memakai sensor cahaya yang bisa menyala saat malam hari dan otomatis mati di pagi hari.

Foto Advertorial

“PJU yang memakai token ini merupakan salahsatu bentuk efisiensi anggaran dari Pemda. Belum lama ini juga Kabupaten Pohuato sempat melakukan studi banding ke Bolmong untuk melihat pengoperasian PJU ini dengan memakai pulsa listrik prabayar. Selain itu, dalam setiap tiangnya juga disediakan untuk pemanfaatan space iklan, atau papan reklame, dan itu memang gagasan ibu Bupati agar disamping mempercantik jalan, juga berguna untuk memberikan sumbangsih pada Pendapatan Asli Daerahnya kita,” tuturnya.


Terpisah, salahsatu warga Desa Tombolango, Kecamatan Lolak, Marjan Pontoh saat diwawancarai sejumlah awak media mengaku senang dan bersyukur dengan adanya penerangan jalan tersebut. Menurutnya dengan dipasangnya PJU tersebut secara otomaris bisa menimbulkan minat masyarakat untuk membuka usaha, baik rumah makan, warung dan lain sebagainya.

Foto Advertorial

“Apalagi ini jalan trans Sulawesi, yang terbilang banyak dilalui pelintas, makannya kami selaku warga bersyukur, kalau sudah terang benderang seperti ini kan bisa menimbulkan gairah masyarakat dalam membuat usaha apa saja,” ucapnya.

Senada juga dikatakan, Aldi Damopolii yang juga salah satu pemilik kedai Boba di desa Lolak Tombolango, ia berharap dengan pemasangan PJU tersebut bisa mendukung peningkatan omset usahanya.

“Selain kesan kota makin terlihat, Insya Allah omzet juga bisa semakin meningkat. Karena tempat yang terang memberikan kesan aman, terlebih ini kan jalan trans yang banyak dilalui warga dari luar Lolak,” ucap Aldi.

Diketahui, Kecamatan Lolak menjadi ibu kota Bolmong sejak tahun 2007 lalu, ketika Kabupaten Bolmong mekar menjadi tiga daerah yakni Bolmong sendiri sebagai  daerah induk, Kota Kotamobagu dan Bolaang Mongondow Utara.

Foto Advertorial

Mulai tahun 2007, Bolmong yang mulanya memiliki ibu kota harus pindah ke Lolak. Sejak saat itulah Kecamatan Lolak menjadi ibu kota Bolmong.

Setelah 14 tahun menjadi ibu kota Bolmong, barulah saat ini di tangan Bupati Yasti, Kecamatan Lolak terlihat cantik apalagi malam hari jadi terang benderanh. (adv)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

Berita Populer

To Top