Menu

Mode Gelap

Advertorial

DPRD Bolmong Gelar Paripurna Tingkat I Penyampaian Ranperda Insiatif dan Usulan Eksekutif


11 Jun 2024 21:35 WITA


 DPRD Bolmong Gelar Paripurna Tingkat I Penyampaian Ranperda Insiatif dan Usulan Eksekutif Perbesar

KRONIK TOTABUAN, Bolmomg – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), menggelar rapat paripurna pembicaraan tingkat I penyampaian atas Ranperda inisiatif DPRD dan usulan eksekutif, Selasa (11/6/2024).

Rapat yang digelar di ruang paripurna gedung DPRD Bolmong tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Welty Komaling, didampingi Wakil Ketua Sukron Mamonto, serta diikuti oleh para Anggota DPRD yang hadir.

Turut hadir pula Pj Bupati Bolmong Jusnan C Mokoginta, Sekda Abdullah Mokoginta, para Asisten, serta seluruh Kepala OPD dan pejabat Eselon III dan IV.

Paripurna pembicaraan tingkat I tersebut meliputi 3 Ranperda usulan eksekutif yakni, pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2023, rencana induk pengembangan pariwisata, ranperda perusahaan umum daerah (PDAM).

Selain itu, juga membahas 3 inisiatif DPRD, penyelenggaraan percepatan penurunan stunting, penanggulangan kemiskinan, dan perlindungan dan pemberdayaan disabilitas.

Pj Bupati Bolmong dalam pemaparannya terlebih dahulu memberikan pengantar rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023.

Di momentum itu Jusnan juga menyatakan kesiapannya bersama dengan para SKPD untuk terlibat langsung mendengar seluruh pandangan, pendapat, saran dan masukan yang disampaikan oleh Banggar dan seluruh Fraksi di DPRD Bolmong, baik pada saat pembahasan maupun sampai dengan penyampaian pendapat akhir.

“Karena ini merupakan bagian terpenting dalam peningkatan tatalaksana pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di daerah ini ke depannya,” kata Jusnan

Dirinya juga menyampaikan, ucapan terima kasih kepada DPRD terkait pembahasan mulai dari tahap awal hingga bisa ditetapkan sebagai perda.

“Semoga usaha kita semua dalam mewujudkan masyarakat Bolmong yang hebat dan lebih baik kedepannya bisa tercapai,” terang Jusnan

Sementara, Ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling dalam sambutannya menyatakan pentingnya pembahasan Ranperda ini untuk menyelesaikan berbagai permasalahan krusial di Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Kami berharap pembahasan ini dapat berjalan lancar dan menghasilkan kebijakan yang efektif demi kepentingan masyarakat Bolmong,” ujarnya.

Lanjutnya, setelah mendengar tanggapan eksekutif, pihaknya mengambil kesimpulan bahwa Ranperda inisiatif DPRD terkait penyelenggaraan percepatan penurunan stunting, penanggulangan kemiskinan dan perlindungan dan pemberdayaan disabilitas, dapat diterima dan dibahas pada tahap selanjutnya.

Welty juga memuji keterlibatan Pj Bupati dalam pembahasan 3 Ranperda usulan eksekutif dan inisiatif DPRD ini.

“Jadi dalam pembahasan kali ini, bukan hanya dihadiri saja oleh pimpinan OPD, melainkan oleh pak Bupati sendiri. Ini kabar gembira dan suatu langkah maju bagi kita. Peristiwa ini belum pernah terjadi, dan patut diapresiasi,” jelas Welty.

Di kesempatan itu, seluruh fraksi menerima serta menyetujui Ranperda dibahas pada tahapan selanjutnya. (*)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Buka Seleksi JPT Pratama, Wabup Bolsel: Tunjukkan Kemampuan Terbaik

11 Juni 2024 - 13:18 WITA

Sukses dan Meriah, KPU Bolmong Resmi Launching Tahapan Pilkada 2024

6 Juni 2024 - 09:17 WITA

DPRD Bolsel Gelar Rapat Paripurna Ranperda dan Ranperbup Pertanggungjawaban APBD 2023

5 Juni 2024 - 21:46 WITA

Bupati Bolsel Hadiri Perayaan HUT ke-8 Kecamatan Tomini

4 Juni 2024 - 23:10 WITA

Ratusan PKD Bolmong Resmi Dilantik, Ketua Bawaslu: Jaga Profesionalitas dan Integritas!

2 Juni 2024 - 21:27 WITA

Pemkot Kotamobagu Gelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kotamobagu ke-17

27 Mei 2024 - 15:08 WITA

Trending di Advertorial