Manguni
Berita Daerah

301 Hewan Kurban Tercatat di PHBI Kotamobagu, Khusus Motoboi Kecil 25 Ekor Sapi

Kroniktotabuan.com

Puluhan ekor sapi kurban siap disembelih di Lapangan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan. (Foto: Yudi/Facebook)

KOTAMOBAGU– Antusias warga Kotamobagu untuk berkurban di Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah besok, cukup tinggi. Itu terlihat dari jumlah hewan kurban yang tercatat di Panitia Hari Besar Islam (PHBI) mencapai 301 ekor.

“218 ekor sapi dan 83 ekor kambing,” kata Ketua PHBI Kotamobagu Sande Dodo, Kamis (31/8).

Adin Mantali, pengurus PHBI Kotamobagu yang juga Kabag Kesra Pemkot Kotamobagu menambahkan, 301 ekor hewan kurban tersebut adalah akumulasi dari semua hewan kurban yang ada di kelurahan/desa. Khusus untuk Pemkot Kotamobagu 99 ekor sapi yang akan dikurbankan besok.

“Jumlah hewan kurban tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 250-an ekor,” kata Adin.

Sementara itu, dari semua kelurahan/desa di Kotamobagu, Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan, tampaknya akan menjadi kelurahan dengan jumlah hewan kurban terbanyak. Di kelurahan ini terkumpul 25 ekor sapi. Hewan kurban ini adalah swadaya masyarakat yang membentuk kelompok dan membeli hewan kurban.

“Setiap tahun masyarakat di sini berlomba-lomba berkurban. Ini salah satu kelebihan di Motoboi Kecil dan mungkin di kelurahan/desa lain tidak seperti ini,” ujar Tokoh Pemuda Motoboi Kecil Yudi Dilapanga.  (rez/rab)

To Top