Berbagai Kegiatan Mulai Digelar Pemkab Boltim Jelang Harganas

KRONIK TOTABUAN – Menjelang peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang jatuh pada 29 Juni 2022, serta HUT ke-14 Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) 21 Juli mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim menggelar berbagai macam kegiatan.

Adapun kegiatan yang digelar Pemkab boltim ini yakni, jalan sehat bersama serta melaksanakan tarian khas Bolaang Mongondow yaitu Dana-Dana, yang dipimpin langsung Bupati Sam Sachrul Mamonto bersama Ketua TP PKK Seska Eevina Budiman dan diikuti seluruh jajaran ASN Pemkab, yang dipusatkan di Lapangan Gogaluman, Tutuyan, Jumat (24/6/2022).

Bupati dalam sambutannya, menyampaikan bahwa peringatan Harganas merupakan amanat Presiden Republik Indonesia yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Baca Juga: Limi Canangkan ‘Jumat Happy’ Setiap Pekan

”Hari keluarga nasional yang diperingati setiap tanggal 29 juni, didasari oleh keputusan Presiden republik Indonesia nomor 39 tahun 2014 tentang hari keluarga nasional,” kata Bupati.

Lanjut bupati mengatakan, bahwa momentum Harganas harus digunakan sebagai ajang sosialisasi dan optimalisasi fungsi keluarga di Indonesia.

”Optimalisasi delapan fungsi keluarga yakni, agama, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan untuk mewujudkan keluarga yang berketahanan,” ujarnya.

Bupati juga menjelaskan, peringatan Harganas merupakan perwujudan pentingnya arti keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan nasional. Kemudian sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, keluarga menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter Bangsa.

Kegiatan ini kata bupati, dalam menyongsong Harganas menjadikan ajang sosialisasi percepatan penurunan stunting kepada keluarga dan masyarakat, sekalian mengajak mengentaskan stunting di seluruh Indonesia, lebih khusus di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

“Sebagaimana tema yang diusung dalam Harganas Ke-29 tahun 2022, Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting,” ucap bupati.

Di samping itu, bupati menambahkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada pagi tadi bukan hanya tentang peringatan Harganas semata, namun juga menyambut HUT Ke-14 Kabupaten Boltim.

“Dalam menyongsong Harganas ke-29 tahun 2022 dan menyambut Hari Ulang Tahun Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ke-14, kita telah melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya, pelayanan KB sejuta akseptor di seluruh fasilitas kesehatan Puskesmas, praktik mandiri Bidan dan Rumah Sakit Pratama yang bekerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur,” tuturnya.

Sementara beberapa kegiatan yang digelar Jumat (24/6) hari ini, Pemkab Boltim telah melaksanakan sejumlah kegiatan salah satunya pelayanan kesehatan.

”Hari ini kita melaksanakan jalan sehat dan dilanjutkan dengan Dana-dana serta pembagian Pil dan Alat Kontrasepsi kepada seluruh ASN yang telah berkeluarga secara gratis,” pungkas Sachrul.(Retho Bambuena)

Berita Terpopuler