Berita Bolmong

Satgas Covid-19 Bolmong Ingatkan Hal Ini Jika Terima Tamu Lebaran

Foto Berita Bolmong
Debby Kullo

BOLMONG – Tradisi saling berkunjung atau silaturahmi ke rumah keluarga, kerabat dan relasi saat Lebaran Idul Fitri masih sangat kuat di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Lebaran di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, tata cara silaturahmi yang aman harus diperhatikan dengan benar agar tidak terjadi penularan Covid-19.

Setidaknya protokol kesehatan diterapkan dengan benar, supaya silaturahmi tidak menjadi masalah baru karena anggota keluarga terpapar Covid-19.

Karena itu, untuk masyarakat Bolmong, Juru Bicara Satgas Covid-19 Bolmong, dr. Debby Kullo, mengingatkan supaya beberapa langkah menjadi pehatian serius jika harus menerima tamu di hari lebaran.

Baca Juga: Pemkot Kotamobagu Siapkan Ribuan Masker untuk Jamaah Salat Ied

“Pertama siapkan sarana cuci tangan di depan halaman rumah. Tamu yang kemungkinan membawa virus ke dalam rumah dapat dicegah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir terlebih dahulu. Anda juga bisa menyediakan hand sanitizer di ruang tamu agar tamu yang datang bisa langsung menggunakannya, terutama untuk anak-anak,” ujar Debby, Rabu (12/5/2021).

Debby menjelaskan, menjaga jarak dan memakai masker harus selalu diingatkan ketika menerima tamu lebaran karena virus dapat menyebar dengan mudah di dalam ruangan dan saat orang berkerumun.


Baca Juga: Program Vaksinasi, Dinkes Kotamobagu Sudah Habiskan 6.443 Vial Vaksin Covid-19

“Sebaiknya pilih bagian ruangan paling luas dengan ventilasi yang memadai untuk bersilaturahmi dan batasi jumlah tamu yang berkunjung. Mengajak tamu mengobrol di luar ruangan seperti halaman dengan sirkulasi udara yang cukup tinggi, bisa dilakukan,” katanya.

Menghindari jabat tangan juga perlu dilakukan, lanjut Debby.

“Dalam kondisi seperti ini, tidak berjabat tangan perlu dilakukan sebagai salah satu cara mencegah penularan virus Covid-19,” ucapnya.

“Jika ada anggota keluarga memiliki penyakit bawaan (komorbid), sebaiknya mempertimbangkan kembali menerima tamu lebaran untuk menghindari risiko kontak yang tidak disengaja dengan anggota keluarga,” pungkasnya. (bto)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

Berita Populer

To Top