Berita Daerah

Musrenbangdes Mulai Digelar di Bolmong

Musrenbangdes Mulai Digelar di Bolmong
Aldy Pudul
Kroniktotabuan.com
53 / 100

BOLMONG– Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk Tahun Anggaran 2022 mulai digelar di beberapa desa.

Musrenbangdes merupakan tahapan awal dalam proses penyusunan perencanaan di tahun anggaran mendatang, dan dimulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga nasional.

Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Desa (Bappeda) Bolaang Mongondow (Bolmong) Aldy Pudul mengatakan, pelaksanaan Musrenbang dilakukan secara berjenjang di tingkat desa sampai nasional sesuai jadwal yang ditentukan.

Baca Juga: Penyimpanan Vaksin Covid-19 Disiapkan di 18 Puskesmas Bolmong

“Terinformasi, sudah mulai ada desa yang akan melaksanakan Musrenbangdes. Jika berjalan sesuai dengan tahapan dan jadwal, maka untuk Musrenbang tingkat kabupaten bisa dilaksanakan pada bulan Februari nanti,” kata Aldy, Senin (11/1/2021).

Ia menjelsskan, Musrenbang menjadi pondasi setiap perencanaan pemerintah guna menjawab kebutuhan mulai dari tingkat desa hingga nasional.

“Oleh karena itu, pemerintah desa harus dapat memanfaatkan forum Musrenbang ini untuk menyampaikan kebutuhan di masing-masing desa. Nantinya, semua usulan itu akan ditampung di musrenbang di tingkat selanjutnya,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Kotamobagu Lelang Delapan Jabatan

Sementara itu, sejumlah desa di Kecamatan Dumoga Tengah, telah melaksanakan Musrenbangdes tingkat dusun.

Menurut Camat Dumoga Tengah Irmansyah Makalalag, pihaknya telah berkoordinasi dengan 10 Kepala Desa (Sangadi, red) di wilayahnya untuk segera melaksanakan Musrenbang dan memanfaatkan forum tersebut.

“Ada beberapa desa sudah melaksanakan Musrenbang di tingkat dusun. Saya sudah berkoordinasi dengan para sangadi untuk dapat mencari usulan yang prioritas untuk dibawa di tingkat kecamatan,” katany. (gan)

To Top