Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Pemkot Akan Bantu Polisi Disiplinkan Pengendara  


27 Sep 2017 03:11 WITA


 Traffic light Jalan Ahmad Yani Kotamobagu. Perbesar

Traffic light Jalan Ahmad Yani Kotamobagu.

 

Traffic light Jalan Ahmad Yani Kotamobagu.

KOTAMOBAGU– Masih banyak pengendara belum disiplin dan taat rambu lalu lintas meski itu di sekitar traffic light. Karena itu Pemkot Kotamobagu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika memasang alat voice warning (suara imbauan) di setiap traffic light.

Dengan adanya CCTV beresolusi tinggi ditambah voice warning yang dikembangkan, maka seluruh pelanggar lalu lintas di sekitar traffic light bisa langsung ditegur saat itu juga dari ruang data center dan command center. Langkah ini diyakini bisa mendisiplinkan pengendara.

“Ini salah satu indikator smart city. Jadi semua serba cepat. Contohnya begini, jika kendaraan melewati batas zebra croos atau parkir sembarangan di pusat kota, akan ditegur lewat microphone yang terpasang. Suara itu berasal dari ruangan data center yang memantau langsung aktifitas warga di pusat kota,” kata Kepala Data Center Diskominfo Kotamobagu Rudy Yuanto Unu,, Rabu (27/9).

“Contoh lain, misalnya di traffic light ada pengendara tidak pakai helem, atau bonceng lebih dari jumlah ditentukan, langsung kita tegur dari ruang command center dan semua orang di sekitar itu akan dengar,” jelasnya.

Selain mendisiplinkan, Polisi Lalu Lintas juga bisa memberikan sanksi terhadap pelanggar. Data pelanggar mulai dari identitas diri, jenis kendaraan hingga wajah, bisa diketahui.

“Jika sudah rampung semuanya, otomatis hasil rekaman deteksi pelanggar itu akan terintegrasi dengan Satlantas Polres Bolmong. Sehingga bisa saja pelanggar akan ditilang di rumahnya berdasarkan bukti yang terekam. Mulai dari nomor polisinya, wajah dan biodatanya lengkap,” pungkasnya. (rez/vdm)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 56 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Tiga Periode di DPRD Saatnya Meiddy Makalalag Maju Calon Walikota Kotamobagu

7 April 2024 - 10:51 WITA

Bersama Forkopimda, Pj Walikota Kotamobagu Tinjau Kegiatan Monuntul

7 April 2024 - 09:30 WITA

BRI Kanca Kotamobagu Salurkan Bingkisan Kepada Pekerja Dasar dan Purnatugas BRI

3 April 2024 - 22:34 WITA

Pj Walikota Buka Musrenbang Penyusunan RKPD Kotamobagu Tahun 2025 dan RPJPD 2025-2045

3 April 2024 - 19:08 WITA

Bersama Forkopimda, Pj Walikota Kotamobagu Tinjau Pasar Senggol di Kelurahan Gogagoman

3 April 2024 - 19:00 WITA

Ini Besaran Target PAD Pemkot Kotamobagu Tahun 2024

2 April 2024 - 21:22 WITA

Trending di Berita Daerah