Advertorial

Peringatan HUT ke-67 Kabupaten Bolmong Sukses Digelar

Peringatan HUT ke-67 Kabupaten Bolmong Sukses Digelar

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar upacara peringatan HUT kabupaten ke-67 tahun, Selasa (23/3/2021).

Peringatan HUT Bolmong kali ini bertajuk “Dengan semangat HUT ke-67 Tahun Kabupaten Bolaang Mongondow, kita mantapkan kontribusi sektor pertanian, perikanan dan pariwisata terhadap perekonomian regional dan pemerataan pendapatan masyarakat, untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi covid-19”.

Upacara seremonial yang digelar di halaman depan Kantor Bupati, Kecamatan Lolak tersebut dihadiri oleh, Bupati Kabupaten Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, Wakil Bupati (Wabup) Yanny Ronny Tuuk, Walikota Kota Kotamobagu Tatong Bara, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, Wabup Boltim Oskar Manoppo, Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, para Kepala SKPD serta seuruh jajaran unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Peringatan HUT ke-67 Kabupaten Bolmong Sukses Digelar

Bupati Yasti yang juga bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam sambutanya mengatakan, HUT Bolmong ke 67 merupakan momentum semua stakeholder untuk terus membawa daerah otonom melangkah lebih jauh lagi agar sejajar berdiri bersama dengan daerah lain di Sulawesi Utara (Sulut).

Seiring dengan HUT ke- 65 ini kata Yasti, sebagai bagian dari bangsa yang tetap menghargai dan tidak melupakan sejarah, maka proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Bolmong dimaknai oleh tetesan keringat, kerja keras dan perjuangan secara silih berganti para pemimpin yang telah memberikan kontribusi, bagi percepatan pembangunan di daerah Bolmong.

Peringatan HUT ke-67 Kabupaten Bolmong Sukses Digelar

“Oleh karena itu, saya memberikan penghormatan, penghargaan dan terima kasih kepada para Bupati dan Wakil Bupati sebelumnya, serta para pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bolmong periode tahun-tahun sebelumnya, yang telah memberikan kontribusinya melalui kiprah dan karya nyata, dalam membangun dan memajukan Kabupaten Bolmong,” kata Yasti.

Yasti mengatakan, segenap komponen masyarakat di Bolmong, pasti sepakat bahwa dalam menatap masa depan Bolmong dengan sejumlah tantangan dan permasalahan bahkan peluang yang mewarnai tugas dan tanggungjawab, tentu harus membangun sinergitas dan komitmen bersama ntuk membangun dan memberikan pelayanan yang terbaik sesuai bidang dan tugas masing-masing demi peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

“Di kesempatan ini saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terus bekerja keras dalam membangun dan melayani yang tentunya dengan tujuan yang sama yakni, mengangkat derajat dan eksistensi Kabupaten Bolmong sebagai daerah otonom yang dapat melahirkan inovasi positif dengan tujuan mensejahterakan masyarakat di wilayah Bolmong,” jelas Yasti.

Ia juga mengajak agar di HUT Bolmong kali ini bisa dijadikan sebagai wahana untuk melakukan serangkaian evaluasi atas apa yang telah dilaksanakan, serta berkontribusi memberikan warna dan makna bagi perjalanan dalam sejarah Bolmong. Kita juga dituntut untuk mengasah kepekaan dan kejelian serta mampu membaca segala persoalan strategis yang telah dialami daerah Bolmong saat ini.

“Selain itu, kita jadikan momentum ini sebagai wahana untuk menumbuhkan komitmen bersatu padu memberikan karya dan prestasi terbaik, sesuai kapasitas, kapabilitas dan kompetensi kita masing-masing,” jelas Yasti.

Peringatan HUT ke-67 Kabupaten Bolmong Sukses Digelar

Ia juga menjelaskan, ada tantangan besar yang sedang dihadapi saat ini dan di tahun-tahun selanjutnya. Pertama, tantangan terkait pemulihan ekonomi Nasional, penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja. Kedua, tantangan terkait pengelolaan keuangan yang baik dan bersih serta tetap transparan dan akuntabel. Ketiga, terkait sinergitas antara Pemda, Pemprov dan Pemerintah pusat, Pemerintah Daerah dengan pemerintah kelurahan dan desa, serta pelaku usah dan masyarakat luas.

“Dalam menghadapi tiga tantangan itu tentu kita tidak menutup mata terhadap dinamika pembangunan yang telah kita lalui selama ini. Meskipun banyak tantangan, persoaln pemeribtah daerah di berbagai sektor terselesaikan sedikit demi sedikit, sehingga kita dapat melihat perubahan itu ada dan menghadilkan pertumbuhan positif bagi pembangunan di daerah tercinta ini,” ucap Yasti.

Lanjut Yasti, Capian dan keberhasilan tersebut tak lepas dari kerja keras semua komponen masyarakat Bolmong yang didalamnya jajaran birokrasi, baik tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun Kelurahan dan Desa.

“Ini kerja keras kita bersama, karena tanpa birokrasi yang konpeten, loyal dan profesional, maka prestasi pemerintahan tak akan pernah terukir indah dalam sejarah Kabupaten Bolmong,” tandas Yasti. (adv)

To Top