.
Berita Politik

Sedang Berlangsung, Ini Pengaruh PSU TPS 1 Upai ke Parpol dan Caleg!

Sedang Berlangsung, Ini Pengaruh PSU TPS 1 Upai ke Parpol dan Caleg! Berita Politik
Proses PSU di TPS 1 Kelurahan Upai sedang berlangsung.
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 1 Kelurahan Upai, Kecamatan Kotamobagu Utara, digelar Sabtu (27/4/2019). Proses pencoblosan dimulai pukul 08.00 WITA. 

PSU di TPS ini digelar atas rekomendasi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) karena adanya pemilih dari luar yang menggunakan KTP tapi diberikan lima surat suara. 

PSU di TPS 1 Upai ini menarik perhatian publik Kotamobagu. Lantarannya, PSU ini bisa mempengaruhi perolehan suara untuk 4 Partai Politik (Parpol) dan 6 Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kotamobagu Dapil 1.

Berpengaruh untuk parpol yakni PKB, PDI Perjuangan, PPP dan Demokrat. 

Sedangkan peroleh suara di PSU ini berpengaruh di internal PKB antar Caleg Dani Ikbal Mokoginta dan Masni Mamonto. Di internal PKB, kedua Caleg selisih sekira 68 suara dimana Masni Mamonto teratas. Sehingganya, Dani Ikbal Mokoginta ingin perolehan suara di sini maksimal untuk mengejar defisit suara. 

PSU di sini juga berpengaruh atas kursi ke-10 di Dapil Kotamobagu 1 meliputi Kecamatan Kotamobagu Utara- Timur.

Semula berdasarkan data dari sejumlah sumber, kursi ke-10 atau terakhir yang mulanya dimiliki PDI Perjuangan sudah beralih ke PPP. Karenanya PDI Perjuangan all out untuk merebut lagi kursi itu dengan cara meraup suara besar di PSU ini.

Sedangkan untuk Demokrat, persaingan di Caleg internal yakni Ishak Sugeha dan Sukardi Sugeha untuk berebut satu kursi milik partai tersebut, masih bisa ditentukan di PSU ini.

Ishak Sugeha yang telah ketinggalan 100-an suara dari Sukardi Sugeha, bisa menyalip dengan catatan bisa memenangkan minimal separuh dari jumlah DPT di TPS 1 Upai tersebut.

Hingga pukul 12.30 WITA siang ini pencoblosan masih berlangsung. Ratusan orang memadati sekitar TPS untuk menyaksikan. Bahkan sejumlah tokoh politik mulai dari Anggota DPRD, Caleg, hingga Ketua Parpol tampak berada di sini. (tr2/vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top