.

Berita Daerah

Vaksinasi Ketuk Pintu, Walikota Kotamobagu Dampingi Langsung Warga

Foto Berita Daerah
Walikota Kotamobagu Tatong Bara (baju putih) turun langsung bersama tim Dinas Kesehatan melakukan vaksinasi ketu pintu dari rumah ke rumah.

KRONIK TOTABUAN — Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara, membuat terobosan dengan meggelar program vaksinasi ketuk pintu.

Program ini mulai berjalan Rabu (1/12/2021). Tim vaksinasi mendatangi langsung rumah warga.

Sasaran adalah rumah yang terdapat warga belum mengikuti vaksinasi. Terutama kaum lansia dan anak 12-17 tahun.

Program ini adalah upaya jemput bola Dinas Kesehatan agar semua warga mendapatkan hak mendapatkan vaksinasi.

Program vaksinasi ketuk pintu ini puna mendapat apresiasi Walikota Kotamobagu, Tatong Bara.

Hari kedua program ini, Kamis (2/12/2021), Walikota Tatong Bara ikut turun bersama tim ke rumah warga, bahkan melakukan pendampingan kepada warga yang akan menjalani program vaksinasi di Kelurahan Matali, Kecamatan Ko9tamobagu Timur.

Walikota Tatong Bara terlihat ikut mendampingi sejumlah Lansia yang menjalani vaksinasi Covid-19 di rumah mereka.

Tak sampai di situ, walikota juga ikut memberikan penjelasan mengenai manfaat vaksinasi kepada warga.

“Sudah tugas saya sebagai pemimpin untuk memberikan langsung pemahaman, mengunggah kesadaran warga terkait pentingnya vaksinasi saat ini,” ujar Walikota Tatong Bara ditemui usai turun naik di rumah warga di Kelurahan Matali.

Alhamdulillah respon warga sangat bagus. Banyak tadi yang divaksin langsung dari rumah ke rumah,” katanya.

Walikota dua periode ini menambahkan, masih akan terus turun bersama tim agar ia juga bisa menyerap langsung aspirasi warga soal kegiatan pemerintahan pembangunan yang sedang berjalan.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Pengendalian Pemberantasan Penyakit atau Kesmas dan P2P Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu, Lindawaty Hasan, mengatakan kalau kedatangan orang nomor satu di Kotamobagu ini punya makna tersendiri serta membawa semangat bagi para warga yang akan divaksin.

Alhamdulillah kehadiran langsung Ibu Walikota menambah semangat para warga yang akan divaksin dan tim,” ujar Lindawaty.

Dinas Kesehatan Kotamobagu lanjut Indah, melaksanakan program vaksinasi ketuk pintu atau lebih dikenal dengan vaksinasi V-TOP ini untuk mempercepat capaian vaksinasi.

“Untuk pelaksanaan vaksinasi dari rumah ke rumah hari ini di Kelurahan Matali jumlah warga yang divaksin sebanyak 174, dengan rincian 100 orang untuk dosis 1, dan 74 orang untuk dosis 2,” tambahnya.

Untuk sasaran vaksinasi dari rumah ke rumah ini, lanjut Lindawaty, diutamakan dosis 1 Lansia dan masyarakat umum yg belum pernah divaksin.

“Selain melaksanakan vaksinasi, Ibu Walikota dan tim juga mengingatkan warga supaya tetap taat protokol kesehatan dalam beraktivitas meski sekarang sudah nol kasus,” pungkasnya. (Rensa Bambuena)

To Top