Menu

Mode Gelap

Berita Bolmong

Yasti: Mari Kita Jaga Pancasila


1 Jun 2017 10:44 WITA


 Bupati Yasti S Mokoagow Memimpin Upacara Hari Pancasila Perbesar

Bupati Yasti S Mokoagow Memimpin Upacara Hari Pancasila

Bupati Yasti S Mokoagow Memimpin Upacara Hari Pancasila
Bupati Yasti S Mokoagow, Memimpin Upacara Hari Pancasila

BOLMONG – Upacara peringatan hari lahir Pancasila ke 72 tahun, Kamis (01/06), di Kabupaten Bolaang Mongondow, dipimpin langsung Bupati Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow dan dirangkaikan dengan apel KORPRI bertempat lapangan upacara kantor Pemkab, Desa Lalow Kecamatan Lolak.

Saat membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo, Bupati menegaskan, kehidupan berbangsa dan bernegara sedang diuji. “Kebhineka-an kita sedang diuji. Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Belajar dari pengalaman buruk bangsa lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara, maka Pancasila dan UUD tahun 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tungggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut,” katanya.

Bupati mengatakan, kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri. Peran aktif para ulama, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, Tokmas, pendidik, pelaku seni budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri, serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila, sangat diperlukan. “Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan. Tak ada pilihan lain harus kembali ke jati diri bangsa yang santun, berjiwa gotong royong dan toleran,” ujarnya.

Selain itu, kewaspadaan terhadap segala gangguan yang dapat merusak nilai kebangsaan, harus ditegakan. “Kita harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila,” jelasnya.

Selain itu, Bupati mengajak menjaga perdamaian, persatuan dan persaudaraan. “Mari saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, Semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila,” kata Bupati.

Bupati menegaskan kepada segenap ASN Bolaang Mongondow untuk tetap jaga kedisiplinan. Meskipun menjalankan ibadah puasa namun diharapkan tetap menjaga kualitas pelayanan dan tetap disiplin.

Akan halnya para Camat dan Kepala Desa agar selalu mengingatkan seluruh masyarakat akan ancaman bencana alam terutama bagi yang tinggal di daerah rawan bencana.

Upacara dihadiri anggota DPRD, Forkompinda, Sekda  Drs Ashari Sugeha, para asssisten, Pimpinan Perangkat Daerah, Kepala Badan dan Kantor vertikal, Danyon Armed, Camat, Kepala Desa dan ASN di lingkup Pemkab Bolmong.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow yang juga Ketua DPC PDIP Bolmong, melaksanakan upacara di Lapangan Ambarawa Desa Mogoyunggung, dihadiri seluruh pengurus DPC, Ranting dan PAC. (ahr)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Mantan Bupati, Birokrat, Akademisi hingga Wartawan Senior, Berikut Daftar Staf Khusus Wali Kota Kotamobagu dan Tugasnya

17 Juli 2024 - 22:06 WITA

Dinas Kominfo Muba Ikut Sosialisasi SPBE

17 Juli 2024 - 21:49 WITA

Pemkot Kotamobagu Ikuti Evaluasi SAKIP Tahun 2024

17 Juli 2024 - 19:47 WITA

Inilah Lima Cemilan yang Bisa Turunkan Asam Urat, Harus Dicoba!

16 Juli 2024 - 10:24 WITA

Taman Hiasa Ramah Lingkungan Akan Dibangun DLH Muba, Cek Lokasi dan Desainnya

16 Juli 2024 - 10:00 WITA

Pj. Walikota, Asripan Nani Lantik Rektor Universitas Dumoga Kotamobagu

15 Juli 2024 - 16:02 WITA

Trending di Berita Daerah