Berita Bolmong

Yasti Tinjau Lokasi Bencana Banjir Bandang di Desa Batu Merah

Foto Berita Bolmong
Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow meninjau lokasi banjir bandang di Desa Batu Merah.

KRONIK TOTABUAN – Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, meninjau lokasi banjir bandang di Kecamatan Sangtombolang dan Lolak, Kamis (23//2021).

Sebagai informasi, curah hujan tinggi yang melanda Kabupaten Bolmong sejak Rabu (22/9/2021) kemarin, menyebabkan 5 Desa di Kecamatan Sangtombolang dan 3 Desa di Kecamatan Lolak, banjir.

Bahkan salah satu desa yakni Batu Merah di Kecamatan Sangtombolang terjadi banjir bandang hingga menyebabkan beberapa fasilitas umum dan rumah warga rusak parah.

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow didampingi Kepala BPBD Sahril Mokoagow, dan Camat Sangtombolang Wahyudin Gonibala melihat langsung lokasi bencana banjir terparah tersebut.

Saa meninjau lokasi, bupati memberikan apresiasi kepada Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Bolmong, dan kesiapsiagaan relawan dan satgas dalam penanggulangan bencana tersebut.

Baca Juga: Bupati Yasti Buka SKD CPNS Bolmong

“Terima kasih kepada satgas penanggulangan bencana mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa beserta para relawan yang telah bersama-sama berempati terhadap warga masyarakat yang tertimpa bencana,” ucapnya.


Ia pun menghimbau kepada warga Desa Batu Merah agar selalu waspada dan siaga dalam menghadapi bencana yang bisa saja dapat terjadi sewaktu-waktu.

Sementara, Kepala BPBD Bolmong Sahril Mokoagow mengatakan, banjir yang terjadi di Kecamatan Sangtombolang merupakan banjir musiman atau tahunan akibat hujan dengan intensitas tinggi.

“Belakangan ini curah hujan memang tinggi. Sehingga saat volume air besar langsung meluap ke permukiman warga. Beruntung juga banjir cepat surut. Tidak ada korban jiwa,” katanya.

Lanjutnya, banjir bandang merusak beberapa rumah warga dan fasilitas publik.

“Data sementara, ada 4 rumah yang rusak, sedangkan satu rumah hilang. Sedangkan fasilitas publik yang rusak yakni pos jaga satgas, dan gedung sekolah, untuk gedung Gereja paling berat kerusakannya. Selain itu, kondisi listrik di wilayah Sangtombolang juga masih padam sebab ada beberapa tiang listrik di Desa Batu Merah roboh ke pemukiman warga akibat banjir. Hingga saat  ini pun TRC BPBD Bolmong  masih tengah melakukan asessment,” tandasnya.(falen)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

To Top