Menu

Mode Gelap

Berita Bolmong

14 PAUD di Kabupaten Bolmong Beralih Status dari Swasta ke Negeri


2 Mei 2024 14:41 WITA


 14 PAUD di Kabupaten Bolmong Beralih Status dari Swasta ke Negeri Perbesar

KRONIK TOTABUAN, Bolmong – Dari total 263 PAUD di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), 14 diantaranya kini beralih status dari swasta menjadi negeri, setelah sebelumnya dinyatakan lengkap memenuhi syarat oleh Kementrian Pendidikan.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Bidang Pendidikan Usia Dini dan PNF Kabupaten Bolmong, Abdullah Podomi, saat di konfirmasi media ini, Kamis (2/4/5/2024)

“14 diantaranya sudah beralih status daru swasta ke Negeri. Dengan begitu, dari sebelumnya hanya pelayanan terbatas kini menjadi semakin terbuka terhadap sistem manajemen transparansi,” kata Podomi

Menurutnya, upaya Dinas Pendidikan Bolmong memperjuangan status swasta ke negeri ini sangat penting, karena PAUD dinilai sebagai investasi dasar yang bisa memberikan warna baik terhadap investasi pendidikan di kabupaten Bolmong.

“Tentu dengan jenjang yang dimiliki, anak mampu melakukan penyesuaian atau adaptasi dengan baik ketika dari TK ke SD anak begitu mudah mandiri,” ujarnya

Lanjutnya, dengan dialihkan status menjadi negeri, maka secara otomatis 14 PAUD itu sudah bisa memperoleh bantuan operasional dari pemerintah pusat.

“Jika statusnya negeri, maka sudah bisa memperoleh bantuan operasional,” jelasnya.

Selain bantuan operasional, keuntungan lain yang bakal dipetik dari peralihan status PAUD ini yakni, terbuka lebih banyak peluang untuk pemenuhan sarana dan prasarana yang didanai langsung dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun Dana Alokasi Umum (DAU).

Langkah pertama yang mesti dilakukan kata dia, yaitu menata pengelolaan sistem Dapodik, disamping aspek pendukung berupa peningkatan sumber daya manusia (SDM) kian terbuka kesempatan bagi para guru untuk mengikuti seleksi ASN PPPK. (Falen)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 48 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Grafis Capaian PDIP Kotamobagu Dipimpin Meiddy Makalalag, Pantas Diinginkan Kader Maju Calon Walikota

27 Mei 2024 - 08:01 WITA

Pasangan BERKAH Hadiri Rakernas PDI Perjuangan ke-V, Strategi Pemenangan Pilkada Dibahas

27 Mei 2024 - 07:22 WITA

Seorang Nelayan Temukan Mayat Bayi di Sungai Musi

26 Mei 2024 - 21:24 WITA

Pj. Walikota Kotamobagu Lakukan Pencanangan Lokasi Car Free Day

26 Mei 2024 - 13:07 WITA

Turut Meriahkan HUT Kota Kotamobagu ke-17: Pj Walikota Ikuti Lomba Masak Nasi Goreng

26 Mei 2024 - 09:17 WITA

45 Anggota Panwascam Kabupaten Bolmong Dilantik, Radikal: Jaga Integritas dan Independensi

25 Mei 2024 - 19:31 WITA

Trending di Berita Bolmong