Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Antusias Warga Moyag Ikut Vaksinasi, Tinggalkan Kebun Agar Dapat Jatah


6 Nov 2021 21:06 WITA


 Antusias Warga Moyag Ikut Vaksinasi, Tinggalkan Kebun Agar Dapat Jatah Perbesar

KRONIK TOTABUAN – Antusias warga mulai dari lanjut usia, pelajar hingga masyarakat umum di Desa Moyag, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara, untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19, patut diacungi jempol.

Jadwal vaksinasi yang dilaksanakan Pemkot Kotamobagu melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), Sabtu (6/11/2021), disambut baik.

Pantauan media ini, pelayanan vaksinasi yang dibuka sejak pukul 08.00 WITA, warga berbondong mendatangi lokasi vaksinasi yang digelar di Kantor Desa Moyag.

Yang menarik, pengakuan Sekretaris Desa Moyag, Maskur Gumalangit, banyak warga yang rela meninggalkan urusan di kebun untuk datang ikut vaksinasi.

Sebagian besar penduduk Desa Moyag adalah petani. Tak sedikit yang memang tinggal di kebun, terutama petani gula aren.

Vaksinasi di Desa Moyag ini digelar hingga malam hari karena hingga pukul 16.30 Wita masih banyak warga yang datang.

Mereka yang datang pada jam itu adalah petani yang disebutkan tadi. Rata-rata mereka baru akan divaksin dosis satu.

“Warga sangat antusias ikut vaksinasi. Bahkan mereka yang tinggal di kebun pun datang,” kata Maskur.

Lanjutnya, dalam pelayanan hari ini, total warga yang mendaftar sebanyak 243 orang.

“Dari 243 orang yang mendaftar hanya 190 orang yang bisa menerima vaksin. 40 orang masih ditunda karena dalam pemeriksaan (screening) ada yang mengalami tekanan darah tinggi, kemudian memiliki riwayat penyakit hipertensi hingga sesak nafas,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sesuai data laporan capaian vaksinasi dari Dinkes Kotamobagu per tanggal 3 November 2021, total warga yang sudah menerima vaksin di Desa Moyag sebanyak 576 orang.

“Data itu belum termasuk yang sudah menerima vaksin hari ini,” tambahnya.

Adapun tenaga kesehatan yang diturunkan Dinkes Kotamobagu untuk melakukan pelayanan vaksinasi di Desa Moyag yakni tim PKM Kotobangon.

Herdy (40), salah satu petani yang datang mengikuti vaksinasi mengaku, sebelum-sebelumnya ia dan istri ragu sehingga belum mengikuti vaksinasi bulan sebelumnya.

“Tapi sering ada keluarga datang ke kebun memberikan pemahaman. Ternyata vaksin aman, ya sudah datang hari ini supaya dapat jatah,” ucap Herdy.

DIAPRESIASI

Tingginnya antusias warga Desa Moyag mengikuti vaksinasi Covid-19 baik dosis satu dan dua, mendapat apresiasi Anggota DPRD Kotamobagu, Yunita Lontoh.

Yunita Lontoh yang merupakan wakil rakyat dari desa itu mengungkapkan, setiap kegiatan di desa, ia selalu mengajak warga untuk sukseskan program vaksinasi.

Menurutnya, tak sekadar mengajak, tetapi ia juga memberikan edukasi soal bagaimana keamanan vaksin, serta seperti apa fatwa ulama.

“Suksesnya vaksinasi ini sangat tergantung warga, dan saya ikut bersyukur karena sebagai wakil rakyat dari desa ini, warga di sini sudah luas terjangkau program vaksinasi ini,” katanya.

Jangkauan Vaksinasi di Kotamobagu

Sementara itu, kabar baik disampaikan Pemerintah Kotamobagu melalui Dinas Kesehatan.

Angka kasus Covid-19 yang sudah terkendali telah disertai pula dengan tingginya partisipasi masyarakat mengikuti vaksinasi.

Sampai hari ini, dari target sasaran 97.253 orang, yang sudah divaksin baik dosis satu dan dua sudah mencapai 59.299 orang atau sudah diangka 60,97 persen.

“Target kita awalnya Desember 70 persen. Tetapi jika melihat antusias dan kesadaran masyarakat yang makin tinggi, kita berupaya lebih dari itu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kotamobagu, dr.Tanty Korompot.

Meski capaian vaksinasi sudah relatif tinggi, Tanty berharap masyarakat tetap patuh dengan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari. (Rensa Bambuena)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 101 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Grafis Capaian PDIP Kotamobagu Dipimpin Meiddy Makalalag, Pantas Diinginkan Kader Maju Calon Walikota

27 Mei 2024 - 08:01 WITA

Pasangan BERKAH Hadiri Rakernas PDI Perjuangan ke-V, Strategi Pemenangan Pilkada Dibahas

27 Mei 2024 - 07:22 WITA

Seorang Nelayan Temukan Mayat Bayi di Sungai Musi

26 Mei 2024 - 21:24 WITA

Pj. Walikota Kotamobagu Lakukan Pencanangan Lokasi Car Free Day

26 Mei 2024 - 13:07 WITA

Turut Meriahkan HUT Kota Kotamobagu ke-17: Pj Walikota Ikuti Lomba Masak Nasi Goreng

26 Mei 2024 - 09:17 WITA

Pj. Walikota Kotamobagu Apresiasi DPRD atas Rekomendasi LKPJ dan Penetapan Perda Kearsipan

22 Mei 2024 - 22:00 WITA

Trending di Berita Daerah