Berita Bolmong

Warga Bolmong Diminta Tak Panik, TKA di PT Conch Bebas Virus Corona  

Warga Bolmong Diminta Tak Panik, TKA di PT Conch Bebas Virus Corona    Berita Bolmong
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Mulai munculnya kasus warga Indonesia positif terinfeksi virus Covid-19 atau Corona, kembali membuat cemas warga Bolaang Mongondow (Bolmong) yang berada di sekitar berdirinya perusahaan semen PT Conch North Selawesi Cement (CNSC).

Lantarannya, di perusahaan itu terdapat sejumlah tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok. Apalagi saat sedang hangat-hangatnya penyebaran virus mematikan itu, PT Conch kembali mendatangkan 30 TKA langsung dari China pada Februari lalu.

“Kami berharap 30 pekerja yang baru datang dari China itu betul-betul dipantau. Apalagi mereka datang saat hari-hari terakhir pemerintah mau menutup kedatangan dan kepergian ke China,” ujar Ilam, warga di Kecamatan Lolak, Selasa (3/3/2020).

Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, Warga Minta 104 Pekerja dari China di PT Conch Diperiksa

“Pemerintah harus memberi jaminan. Bagaimanapun, masyarakat pantas untuk cemas. Karena ada TKA dari China di tengah kita, dan mereka datang saat sedang merebaknya kasus Corona ini,” ungkapnya.

Menanggapi itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong memastikan bahwa 30 pekerja asal China di PT Conch sudah menjalani prosedur pemeriksaan kesehatan sesuai standar untuk memastikan tidak terinfeksi Corona.

Dinkes meminta masyarakat Bolmong tidak panik dan tidak mudah terpengaruh dengan informasi yang belum terverifikasi kebenarannnya soal kesehatan TKA asal China di wilayah ini.

“Mereka juga sudah dikarantina. Mereka sehat. Mereka juga memiliki kartu kewaspadaan kesehatan atau health alert card (HAC) yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Bolmong, Yusuf Detu.

Selain itu, kata Detu, tim Dinkes Bolmong selalu melakukan pemantauan terhadap 30 TKA tersebut.

“Kami juga minta supaya mereka berkoordinasi jika merasakan ada gejala sakit. Namun sampai sekarang semuanya mereka sehat,” tandasnya. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top