Berita Bolmong

BSSN Uji Tiga Aplikasi Diskominfo Bolmong

BSSN Uji Tiga Aplikasi Diskominfo Bolmong

BOLMONG – Badan Siber Sandi Negara (BSSN) melakukan IT Security Asessment (ITSA) atau mengidentifikasi kerentanan dan penilaian risiko pada aplikasi berbasis web aplikasi yang diterapkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bolaang Mongondow (Bolmong), Selasa (30/3/2021).

Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo Bolmong Sutoyo Paputungan mengatakan, pihaknya memberikan tiga web, yakni Bolmongkab.co.id, e-Dokumen dan Email Bolmong.co.id untuk diuji kekuatan aplikasinya.

Baca Juga: SD dan SMP di Bolmong Segera Terima Dana BOS

“Masing-masing penguji dari BSSN memegang satu aplikasi. Nantinya tiga aplikasi ini akan diuji apakah ada celah atau tidak, nantinya kita juga akan diberitahu apa saja celahnya sekaligus memberikan solusi untuk penyempurnaan aplikasi supaya tidak mudah dibobol heacker,” kata Sutoyo.

Ia mengatakan, Kabupaten Bolmong merupakan satu-satunya Kabupaten di Bolaang Mongondow Raya (BMR) yang di uji websitenya oleh BSSN.

“Entah dari segi apa akhirnya Bolmong yang dipilih untuk diuji aplikasinya. Tapi jauh sebelumnya hubungan antara Pemkab Bolmong dan BSSN sudah intens, salah satu buktinya pada tahun 2017 lalu Bolmong satu-satunya di Sulut yang sudah ada Jammer atau pengacak sinyal. Pengacak sinyal ini berguna untuk digunakan dalam rapat-rapat penting,” jelasnya.

Menurut Sutoyo, dengan adanya asessment dari BSSN tersebut, bisa diketahui seberapa besar keamanan (Security) yang ada pada sistem aplikasi yang dibuat Diskominfo Bolmong. (len)

To Top