Berita Bolmong

Jelang Ramadan, Razia Produk Kedaluwarsa di Toko dan Minimarket di Bolmong Akan Digelar

Tony Toligaga
Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan dan SDM Bolmong, Tonny Toligaga

BOLMONG – Dalam waktu dekat Dinas Perdagangan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) akan menggelar razia produk sembako dan kosmetik yang telah memasuki masa kedaluwarsa di sejumlah toko dan minimarket.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan dan SDM Bolmong, Tonny Toligaga, Selasa (30/3/2021).

Baca Juga: BSSN Uji Tiga Aplikasi Diskominfo Bolmong

“Biasanya menjelang Ramadan permintaan sembako dan kosmetik meningkat. Dikhawatirkan tingginya kebutuhan masyarakat ikut dimanfaatkan oleh oknum pedagang nakal. Maka itu kita membentuk tim untuk turun lapangan dan akan melakukan razia dalam waktu dekat ini,” ujar Tonny.

Tonny mengatakan, pada tahun-tahun sebelumnya pihaknya pernah mendapati beberapa kasus makanan dan minuman kedaluwarsa yang masih diperjualbelikan.

“Biasanya produk makanan dan minuman yang sudah tidak layak dikonsumsi ini dalam bentuk kemasan. Dan jika ini ditemukan, maka kita tak segan-segan mencabut izin,” kata dia.

Tambahnya, pengawasan dan pemeriksaan tersebut rutin dilakukan instansinya, terlebih menjelang hari besar keagamaan seperti memasuki Ramadan.

“Ini intens dilakukan setiap tahunnya. Tujuannya tak lain melindungi konsumen dari barang yang tak layak konsumsi dan membahayakan bagi kesehatan. Selain itu, kita juga mengimbau agar para konsumen agar meneliti terlebih dahulu masa kedaluwarsa produk yang akan dibeli,” katanya. (len)

To Top