Menu

Mode Gelap

Advertorial

Bupati Bolmong Diberikan Gelar Adat ‘Bogani Ki Yasti’


21 Mar 2022 19:20 WITA


 Bupati Bolmong Diberikan Gelar Adat ‘Bogani Ki Yasti’ Perbesar

KRONIK TOTABUAN – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow resmi diberikan gelar adat ‘Bogani Ki Yasti’ oleh seluruh pemangku adat di wilayah 15 Kecamatan, dan perwakilan lembaga adat di 200 desa dan 2 kelurahan se-Bolmong, Senin (21/3/2021), di Lolak.

Gelar adat yang diberikan pada orang nomor satu di Kabupaten Bolmong tersebut merupakan hasil musyawarah adat atau “Mobakid” oleh seluruh pemangku adat kecamatan, desa, dan kelurahan se-Bolmong.

Upacara pemberian gelar adat (Podui’an) dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Adat Chairun Mokoginta. Tampak Bupati Yasti harus terlebih dahulu melalui beberapa prosesi adat.

Pertama, prosesi Molumbat yang merupakan permohonan doa untuk membersihkan diri dari keburukan pada diri seorang calon penerima gelar adat. Selanjutnya, penyerahan Kokaloi yang diyakini sebagai simbol kekuatan dan ketangkasan seorang Bogani, dilanjutkan pemasangan Bulambulan Papodong oleh tokoh wanita pemangku adat, dan digiring untuk melewati Sinsing Taigan atau simbol kepatuhan terhadap norma-norma adat istiadat yang berlaku di Bolmong ,dan yang terakhir dipersilahkan menduduki kursi kerhormatan adat (Upuan).

Budayawan Bolmong yang juga Ketua Lembaga Warisan Budaya Bolaang Mongondow Raya (LWB-BMR), Chairun Mokoginta saat ditemui sejumlah awak media mengungkapkan, Bupati Yasti sangat pantas menerima gelar “Bogani” karena dianggap sebagai pemimpin yang sukses dengan capaian-capaian prestasinya dan berkontribusi besar dalam membangun daerah.

“Gelar Bogani adalah gelar yang Paripurna. Dalam tradisi, yang bisa diberikan gelar Bogani itu ada 4 kriteria, di antaranya Mokodotol atau diartikan orang yang berjiwa patriotisme, kedua Mokorakup yang artinya orang yang mampu mengayomi seluruh masyarakat, ketiga Mokodia atau orang yang mampu menerapkan berbagai sanksi adat, artinya orang yang memiliki pengetahuan adat dan mampu menerapkannya, dan yang terakhir Mokoanga’. Mokoanga’ yang dimaksud yakni baik dalam hal sikap maupun perilaku, kemudian dalam hal penampilan. Dan Yasti dianggap memenuhi 4 kriteria itu,” kata Chairun menjelaskan.

Lanjutnya, Yasti juga mampu membawa perubahan dalam kemajuan Bolaang Mongondow seperti hadirnya Kawasan Industri Mongondow (KIMONG), Pembangunan Bandar Udara Loloda Mokoagow, Pembangunan Waduk Pindol, Terminal Tipe A di Lolak, serta pembangunan lainnya yang terus dimaksimalkannya.

Terpisah, Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow saat diwawancara pewarta mengungkapkan, dirinya sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat Bolmong, terutama para tokoh adat, Sangadi, Lurah dan BPD karena telah mempercakan kepadanya untuk mendapatkan gelar adat “Bogani Ki Yasti”.

“Tentu ini merupakan suatu penghormatan dan amanah dari masyarakat Bolmong kepada saya dan Alhamdulillah saya terima dengan baik. Ke depan wajib bagi saya dimanapun saya berada untuk tetap menghormati dan melestarikan nilai luhur budaya Bolmong,” kata Yasti.

Selanjutnya usai diberikan gelar Bogani kepada dirinya, Yasti berpendapat bahwa dirinya wajib untuk memajukan Bolmong atau istimewanya seluruh anak mongondow.

“Yang saya maksud anak Mongondow ini menyangkut seluruh rakyat yang ada di Bolaang Mongondow. Jadi setiap anak Mongondow entah dari suku, ras atau agama apapun, yang sudah beranak pinak dengan orang mongondow, tentu menjadi kewajiban bagi saya sesuai kemampuan saya untuk kita sama-sama memajukan. Semoga amanah ini saya akan jaga dengan sebaik-baiknya,” kata Yasti.

Perlu diketahui, usai upacara pemberian adat kepada Bogani Ki Yasti, acara tersebut dilanjutkan dengan pagelaran seni budaya leluhur Bolmong “Bondit i Paloko Terhadap Tadohe” yang diiringi dengan musik Rambabo dan ditutup dengan upacara ritual penutup seluruh rangkaian kegiatan atau Rimang. (adv)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 111 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Tomas, Toga dan Pemerintah Pusat Apresiasi Peralihan Listrik di Muba

17 April 2024 - 23:36 WITA

Halalbihalal di Desa Motabang, Bupati Limi Ajak Warga Jalin Silaturahmi dan Pererat Tali Persaudaraan

17 April 2024 - 20:21 WITA

Pj Walikota Kotamobagu Hadiri Perayaan Hari Raya Ketupat di Kelurahan Upai

17 April 2024 - 20:18 WITA

Sifat Ini Bikin Salat Tahajud Seseorang Sia-sia Belaka, Simak Penjelasan Gus Baha

17 April 2024 - 18:55 WITA

Minum Parasetamol Berpengaruh ke Jantung, Ini Hasil Studi Ahli

17 April 2024 - 17:04 WITA

Ditahan Kejati Gorontalo karena Korupsi, Ini Riwayat Pendidikan, Organisasi dan Pekerjaan Hamim Pou

17 April 2024 - 16:25 WITA

Trending di Berita Daerah