Manguni
Dpc Pdip Kotamobagu
Berita Daerah

Diskominfo Mitra Belajar di Kotamobagu

Kroniktotabuan.com

Kadis Kominfo Kotamobagu saat menunjukan ruang Data Center ke Kominfo Mitra

KOTAMOBAGU– Setelah sebelumnya enam daerah di Sulut menyambagi Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kotamobagu dalam rangka studi banding, Rabu (14/3/2018), giliran Diskominfo Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) datang untuk melihat sistem kerja Data Center Kotamobagu.

Menurut Kepala Seksi Pengelolaan Jaringan dan Komunikasi Data Kominfo Mitra, Franky Rondonuwu, pihaknya berencana membuat gedung khusus data center.

“Rencananya kita akan buat ruangan khusus data center. Makanya kita datang lihat-lihat dan konsultasi ke beberapa daerah yang sistem kerja data centernya sudah bagus, termasuk Kotamobagu ini,” kata Franky.

Kepala Diskominfo Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, mengatakan kedatangan pihak Diskominfo Mitra tersbut untuk melihat sistem data center milik Kominfo Kotamobagu.

“Mereka studi banding di Kotamobagu karena ruang data center kami sudah dikategorikan lengkap. Mulai dari  menyimpan seluruh data pemerintahan sekaligus bisa memantau beberapa titik wilayah Kotamobagu melalui CCTV,” ujar Yani.

“Kalau yang datang ini baru dua orang. Kemungkinan berikut semua teknisi Diskominfo Mitra akan datang lagi,” kata Yani.

Diketahui, Kotamobagu satu-satunya daerah di Sulut yang sistem Data Center dan Command Center terlengkap. Itu merupakan salah satu program Smart City yang digagas oleh Pemkot Kotamobagu, dengan berbasis transformasi digital menuju kota cerdas dengan pelayanan maksimal. Program tersebut juga sejalan dengan kebijakan dan strategi Nasional tentang pengembangan e-Government. (rza)

To Top