DPRD Bolsel Kawal Penyaluran Bantuan untuk Warga Terdampak Covid-19

BOLSEL – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), ikut mengawal dan mengawasi penyaluran bantuan yang diberikan Pemerintah kabupaten (Pemkab) kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Bantuan tersebut terdiri dari bahan makanan pokok (Bapok), diserahkan pada 10 ribu kepala keluarga hingga pemberian bantuan seperti masker.

Ketua DPRD Bolsel Arifin Olii mengatakan, upaya pemerintah kabupaten dalam menyikapi kondisi pandemi global Covid-19 sangat tanggap. Tapi, dalam penyaluran kepada warga penerima, DPRD wajib berperan aktif dalam mengawasi.

DPRD juga kata Arifin, mendukung penuh upaya pemerintah daerah dalam penanganan penyebaran virus corona, salah satunya dengan menyetujui pergeseran anggaran pada APBD 2020 untuk antisipasi dan penanganan wabah Covid-19.

Pengawasan pada pengelolaan anggarannya akan dilakukan mulai dari penyediaan logistik sembako sampai pada proses penyalurannya kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Sebagai wakil rakyat, kami memberikan apresiasi langkah cepat yang diambil pemerintah kabupaten. Kami juga mengawasi penyaluran bantuan kepada masyarakat yang terdampak,” ujar Arifin.

Selain Ketua DPRD Arifin Olii, anggota DPRD Bolsel yang terbagi di tiga Daerah Pemilihan (Dapil), juga ikut melakukan pengawasan penyaluran sembako yang dilakukan.

“Sudah menjadi kewajiban dan tupoksi DPRD untuk mengawasi proses penyaluran bantuan ini kepada masyarakat agar berjalan sebagaimana mestinya,” tambah Arifin, Selasa (21/4/2020).

Dia menjelaskan, dalam proses pengawasan itu, sudah dibagi di setiap dapil.

“Hal ini kita lakukan agar bantuan yang disalurkan benar-benar diterima oleh masyarakat yang membutuhkan,” harapnya.

Senada dikatakan Ketua Komisi I, Zulkarnain Kamaru. Menurutnya, langkah kongkrit yang dilakukan Bupati Hi Iskandar Kamaru bersama Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, sudah maksimal.

“Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh masyarakat yang sudah menerima bantuan, agar dapat mematuhi anjuran pemerintah daerah untuk tetap berada dirumah selama masa pandemi ini berlangsung,” pesanya.

Selain itu, dia mengajak masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat.

“Jaga diri, jaga jarak, jaga kebersihan, dan jaga kesehatan. Mari bersama-sama kita bergotong royong untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Semoga daerah kita dijauhkan dari virus ini,” pungkasnya. (advertorial)

Berita Terpopuler