Menu

Mode Gelap

Berita Bolmong

Kemenag Bolmong Gelar Dialog Kerukunan Intern dan Moderasi Beragama Hindu


28 Mei 2024 10:13 WITA


 Kemenag Bolmong Gelar Dialog Kerukunan Intern dan Moderasi Beragama Hindu Perbesar

KRONIK TOTABUAN, Kotamobagu – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), melalui penyelenggara Hindu menggelar “Dialog Kerukunan Intern dan Moderasi Beragama Hindu Tahun 2024”, Selasa (28/5/2024).

Kepala Kantor Kementerian Agama Bolmong, Shabri Makmur Bora membuka secara langsung, sekaligus turut menjadi narasumber pada kegiatan itu.

Kegiatan yang digelar di Balai pertemuan, Desa Werdhi Agung, Kecamatan Dumoga Tengah tersebut, turut dihadiri oleh penyelenggara Hindu, Made WIda, Ketua PHDI Bolmong, I Nyoman Sukra, Ketua Pokjaluh Hindu, I Made Dirgayusa, serta peserta unsur tokoh agama.

Shabri Makmur Bora dalam arahannya mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan itu merupakan upaya untuk mendorong kerukunan dan keharmonisan intern umat beragama.

“Kini moderasi bukan lagi dipahami secara kontekstual oleh para tokoh, guru, maupun penyuluh agama, tapi lebih kepada mengimplementasi prinsip moderasi dalam kehidupan sehari-hari,” kata Bora.

Bora menerangkan, moderasi hadir bukan untuk melemahkan ajaran agama namun justru menguatkan keimanan.

“Perlu diingat yang di moderasi adalah pandangan dan cara beragama, bukan ajaran agamanya. Setiap agama sesungguhnya sudah mengajarkan moderasi dan toleransi, kita lah yang perlu mendalami dan mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat,” terang Bora.

Shabri mengungkapkan, Ideologi Negara Indonesia Pancasila sangat menekankan terciptanya kerukunan antar umat beragama.

Selain itu merupakan contoh bagi negara lain di dunia dalam menciptakan kerukunan umat beragama serta dianggap berhasil dalam hal menyandingkan secara harmoni bagaimana cara bergama sekaligus bernegara.

“Untuk menciptakan kerukunan dan kedamaian dalam menjalankan kehidupan keagamaan, yakni dengan mengedepankan moderasi beragama, menghargai keragaman tafsir, serta tidak terjebak pada ekstrimisme, intoleransi dan tindak kekerasan”, ucapnya.

Di momentum itu juga, Kakan Kemenag Bolmong mengapresiasi kinerja tokoh agama Hindu, penyuluh, dan lembaga agama dan keagamaan serta organisasi Hindu dalam menjaga kerukunan di Bolmong. Karena, selama ini nyaris tidak ada konflik internal maupun eksternal.

“Tugas anda menjaga kerukunan, serta memberi informasi yang benar terhadap umat, agar tidak terjadi kegaduhan yang mengganggu keharmonisan hubungan inter dan antar umat beragama. Tokoh agama juga harus menjadi contoh dan teladan dalam sikap moderasi,” tutur Bora. (Falen)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Sholat Ied Adha di Desa Momalia, Bupati Bolsel Ajak Masyarakat Bersyukur dan Pererat Kebersamaan

17 Juni 2024 - 19:22 WITA

Perayaan Idul Adha di Bolsel, Wabup Ajak Masyarakat Teladani Keihklasan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS

17 Juni 2024 - 19:21 WITA

Usai Sholat Idul Adha, Pj. Walikota Kotamobagu Tinjau Pemyembelihan Kurban di Motoboi Kecil

17 Juni 2024 - 16:35 WITA

Pj. Walikota Kotamobagu Laksanakan Sholat Idul Adha di Masjid Agung Baitul Makmur

17 Juni 2024 - 16:27 WITA

Polres Muba Sembelih 36 Ekor Hewan Kurban

17 Juni 2024 - 15:17 WITA

Lepas Pawai Takbir Hari Raya Idul Adha 1445 H, Ini Pesan Pj. Walikota Kotamobagu

16 Juni 2024 - 23:47 WITA

Trending di Berita Daerah