Berita Bolmong

Petugas Kesehatan Bolmong Disiagakan di Pos Pemantauan Mudik

Foto Berita Bolmong
Pos pemantauan mudik di perbatasan wilayah Bolmong dan Minahasa Selatan. (dok)

BOLMONG – Pos pemantauan mudik di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) disiagakan petugas kesehatan untuk bersama-sama dengan petugas kepolisian, TNI dan Dinas Perhubungan.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mengerahkan personil di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas terdekat dalam rangka melaksanakan penyekatan di wilayah perbatasan Bolmong bersama tim gugus tugas covid-19.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Yusuf Detu, Jumat (7/5/2021).

“Kita kerahkan seluruh personil. Misalnya UPTD Poigar, Bolaang dan Tadoy itu akan dikerahkan ke perbatasan Poigar, begitu juga dengan UPTD lainnya akan bertanggungjawab di wilayah perbatasan yang dekat dengan letak Puskesmas,” kata Detu.

Baca Juga: Pemkab Bolmong Kucurkan Rp14 Miliar untuk THR ASN

Lanjutnya, peran personil selain menganjurkan penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19, juga akan memeriksa suhu badan.


“Kalau pemeriksaan melalui Antigen dan Swab itu tidak, kita hanya melakukan pemeriksaan suhu tubuh nantinya,” tambah Detu.

Perlu diketahui, pemeriksaan di hampir setiap wilayah di Bolmong telah diperketat untuk mengantisipasi arus mudik dan terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

Sebelumnya, Kapolres Bolmong, AKBP Nova Irone Surentu mengatakan, diperketat setiap wilayah itu merujuk Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19  nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6 -17 Mei 2021.

Melalui surat edaran ini, pemerintah tegas melarang masyarakat melakukan kegiatan mudik lebaran tahun ini demi melindungi masyarakat dari penularan virus Covid-19. Larangan ini diberlakukan untuk moda transportasi darat, laut dan udara.

“Jadi untuk perbatasan Bolmong tidak akan ditutup, namun kita perketat untuk pemeriksaan,” jelas Surentu. (len)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

Berita Populer

To Top