Berita Bolmong

Jelang Lebaran, Perusahaan di Bolmong Wajib Bayar THR Karyawan

Foto Berita Bolmong
Zainuddin Paputungan

BOLMONG – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, seluruh perusahaan di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) wajib memberikan upah Tunjangan Hari Raya atau THR kepada setiap karyawannya.

Hal itu diungkapkan oleh Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bolmong, Zainudin Paputungan, Senin (26/4/2021).

“Setiap perusahaan wajib memberikan THR terhadap karyawannya. Sekitar 200 lebih perusahaan di Bolmong. Rujukannya adalah Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 6 tahun 2016 tentang THR keagamaan bagi pekerja di perusahaan, serta peraturan pemerintah nomor 8 tahun 1981 tentang perlindungan upah,” ujar Zainudin.

Baca Juga: Esok Pemkab Bolmong Cairkan THR ASN


Untuk pembayaran THR harus sesuai aturan. Ia menjelaskan, misalnya karyawan yang telah bekerja selama 12 bulan, besaran THR harus dibayarkan satu kali gaji pokok, sedangkan yang di bawah 12 bulan tergantung perhitungan proporsional perusahaan.

Ia pun menghimbau agar segera melaporkan jika ada perusahaan yang tidak memberikan THR kepada karyawannya.

“Jika kedapatan ada perusahaan yang tak memberikan THR kepada karyawannya, maka kita akan beri sanksi. Pos pengaduan Disnakertrans terbuka lebar untuk menerima laporan,” tandasnya. (len)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

Berita Populer

To Top