Berita Politik

Ikut Sekolah Pimpinan Dewan, Mekal Dapat Ilmu Dari Megawati Hingga Ahok

Meiddy Makalalag
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Ketua DPRD Kotamobagu, Meiddy Makalalag (Mekal), mengikuti Sekolah Partai Pimpinan Dewan di Kinasih Resort, Kecamatan Tapos, Depok, Jawa Barat, 22- 24 November.

Tujuan sekolah ini, DPP PDI Perjuangan ingin memberikan pembekalan kepada ketua serta wakil ketua DPRD tingkat provinsi maupun kabupaten atau kota soal tugas dan tanggung jawab mereka.

Mekal ikut dalam sekolah partai ini bersama 119 peserta lainnya yang merupakan pimpinan DPRD di wilayahnya masing-masing.

Kepada Kronik Totabuan, Senin (25/11/2019), Mekal mengatakan selama tiga hari mengikuti sekolah partai khusus pimpinan dewan, banyak ilmu dan pengalaman dia peroleh.

Pemateri, ungkap Mekal, mulai dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Sekjen Hasto Kristiyanto, Ketua DPR RI Puan Maharani, Djarot Syaiful Hidajat, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok, dan masih banyak lagi.

“Ibu Ketua Umum dengan tegas meminta kepada kami yang ikut sekolah partai ini, supaya betul-betul menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagaimana diamanahkan oleh rakyat. Kepentingan rakyat selalu dikedepankan, karena PDI Perjuangan lahir dan besar bersama rakyat.”

“Itu inti dari materi-materi kami dapat. Karena sifatnya tertutup selama pelaksanaan sekolah partai, maka itu bisa saya ungkapkan. Ibu Ketua Umum tegaskan itu. Semua pimpinan DPRD tak boleh jauh-jauh dengan rakyat,” kata Mekal dihubungi via Whatsapp.

Mekal tak lupa mengungkapkan kegembiraannya karena dalam Sekolah Partai Pimpinan Dewan tersebut, kelompok X yang merupakan kelompoknya menjadi terbaik atau juara 1.

Sementara itu, dilansir dari http://gesuri.id , Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, dalam sekolah partai ini, hadir sekitar 120 peserta

Politikus asal Yogyakarta ini menerangkan, PDI Perjuangan banyak mengisi kursi pimpinan DPRD tingkat provinsi maupun kabupaten atau kota. Dia mengatakan 18 kader PDI Perjuangan duduk sebagai ketua DPRD tingkat provinsi.

“Jadi 53 persen provinsi di Indonesia yang megang palu adalah kader PDI Perjuangan,” kata Hasto saat acara pembukaan.

Tak hanya itu. Sebanyak 12 kader PDIP juga mengisi jabatan sebagai wakil ketua DPRD tingkat provinsi.

Sementara ketua DPRD tingkat kabupaten dan kota diisi 161 kader partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri itu. Sedangkan sisanya yang mengisi jabatan wakil ketua DPRD tingkat kabupaten dan kota sebanyak 146 kader PDIP.

Hasto juga menerangkan peningkatan jumlah kursi anggota dewan dari Pemilu 2014 ke 2019. Saat ini legislator dari PDI Perjuangan meningkat 19 kursi, yang pada 2014 hanya 109 kursi, sedangkan pada 2019 menjadi 128 kursi.

Lalu DPRD tingkat provinsi naik 56 kursi, dari 2014 hanya 362 kursi menjadi 418 kursi. Begitu juga DPRD tingkat kabupaten dan kota. Terjadi peningkatan signifikan 604 kursi, yang pada 2014 berjumlah 2.628 kursi, pada 2019 menjadi 3.232 kursi.

“Karena itu, PDI Perjuangan sebagai partai pelopor terus-menerus mengevaluasi diri untuk kemajuan partai dan terus mengabdi kepada rakyat,” jelas Hasto. (bto/ges/zha)

To Top