Berita Bolmong

Dua Titik Longsor di Desa Komangaan, Sistem Buka Tutup Diterapkan

Foto Berita Bolmong
Lokasi longsor di Desa Komangaan.

KRONIK TOTABUAN – Dua titik longsor terjadi di Desa Komangaan, Kecamatan Bolaang, mengakibatkan jalan AKD tertutup.

Peristiwa tanah longsor terjadi sejak Jumat (16/7/2021) hingga Sabtu (17/7/2021).

Cuaca ekstrem yang melanda Kabupten Bolaang Mongondow (Bolmong) beberapa hari terakhir menjadi penyebabnya.


Tertutupnya badan jalan AKD di Desa Komangaan menyebabkan macet sekitar 6 kilometer dari dua arah berlawanan.

Baca Juga: Operasi Pasar Jelang Idul Adha di Bolmong

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong Sahril Mokoagow, saat ini tengah dipekerjakan 2 armada eksavator di lokasi longsor.

“Dua eksavator tengah diperkerjakan hingga menyebabkan macet panjang, untuk aksesnya di berlakukan sistem buka tutup,” ucap Sahril ditemui di lokasi longsor.

Ia mengatakan, selain longsor di Desa Komangaan, Desa Solimandingan Barat, Solimandungan 1, dan Desa Langagon juga diterpa banjir.

“Informasi terbaru yang kami terima juga, di Desa Mariri rumah satu hanyut terbawa arus banjir, kemudian Desa Nonapan,” ujarnya.

Sampai saat ini kata Sahril, Tim Reaksi Cepat (TRC) tengah bergerak cepat untuk assesment bencana, dan sampai saat ini masih dalam pemantapan data.

“Kita juga menghimbau agar para masyarakat yang tinggal di bantaran sungai dan daerah rawan longsor untuk terus siaga dan waspada, terlebih, saat ini cuaca masih labil,” imbaunya.

Terpisah, Kabag Ops Polres Bolmong AKP Ali Tahir mengatakan, sistem buka tutup diberlakukan untuk mengurangi antrian kendaraan yang mencapai kurang lebih 6-7 km dari arah Manado menuju Kotamobagu dan juga sebaliknya.

“Saat ini sidah bosa dilewati, alat berat tetap bekerja membersihkan longsoran yang menutupi badan jalan. Sempat dibukakan jalan tapi kita prioritaskan kendaraan tangki BBM dan Ambulance,” kata Ali. (len)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

To Top