Berita Bolmong

Untuk Pencegahan Virus Korona, Bupati Yasti Siap Berapapun Kebutuhan Anggaran

Untuk Pencegahan Virus Korona, Bupati Yasti Siap Berapapun Kebutuhan Anggaran Berita Bolmong
Yasti Soepredjo Mokoagow
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) sudah sangat maksimal dalam melakukan pencegahan wabah virus Korona agar tidak menulari warganya.

Soal anggaran pencegahan wabah virus Korona atau Covid-19 di Bolmong, Bupati Yasti mengungkapkan, berapapun yang dibutuhkan pemkab sudah siap.

Yasti mengatakan, telah meminta Kabag Keuangan Pemkab Bolmong untuk segera menyiapkan anggaran pencegahan Covid-19 berapapun yang dibutuhkan oleh rumah sakit, Dinas Kesehatan, hingga Puskesmas.

“Anggaran berapapun kita telah siapkan, saya sudah meminta kepada Kadis Kesehatan untuk awal Alat Pelindung Diri (APD) akan disiapkan sebanyak 2000 set. Di dalam sudah termasuk masker dan rapid test sesuai dengan kebutuhan Dinkes dan rumah sakit. Jadi tak main-main,” kata Yasti.

Baca Juga: Pemkab Bolmong Sangat Maksimal Dalam Pencegahan Covid-19

Selain itu, Puskesmas dan di desa-desa pihaknya juga ada thermal scanner (Pendeteksi tubuh terjangkit virus Korona) untuk mengukur suhu tubuh.

“Setiap desa kita menyiapkan medis maupun paramedic. Paramedis ini diharuskan untuk memonitor langsung pasien yang termasuk ODP ataupun PDP untuk segera ditangani,” kata Yasti.

Yasti menegaskan, jika ada warganya menjadi pasien karena virus Korona, penanganan maksimal akan dilakukan.

“Kita siapkan pencegahan ataupun pengobatan. Kendati RS Datoe Binangkang tak masuk rumah sakit rujukan untuk pasien Covid-19, tapi kita harus bersiap. Saya sudah minta Direktur RSDB untuk menyiapkan semua perlengkapan baik itu ventilator (Alat membantu pernafasan), ruangan isolasi pasien, maupun semua peralatan medis. Kita tak boleh takabur serta menjaga segala kemungkinan. Jadi kalau ditanya berapa anggaran, berapapun akan kita siapkan,” tandasnya.

Sumber anggaran, Yasti mengakui pihaknya akan mengefisiensi biaya perjlanan dinas semua SKPD, makan minum dan sebagainya. Semua akan  digeser ke biaya penanganan dan pencegahan Covid-19.

Baca Juga :  Pasien Covid-19 Terakhir Di Wuhan, Sudah Diperbolehkan Pulang

“Sementara untuk dana desa akan dirapatkan lagi. Tapi dana yang sedang kita siapkan untuk pencegahan Covid-19 masih mengakomodir sampai ke tingkat desa, kita sudah siapkan itu,” pungkasnya. (len)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top