Berita Daerah

Imbas Refocusing Anggaran, Ratusan THL Dirumahkan Sementara

Imbas Refocusing Anggaran, Ratusan THL Dirumahkan Sementara
Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto

BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) merumahkan 513 orang Tenaga Harian Lepas (THL) yang ada di lingkungan Pemkab Boltim sejak 1 April 2021 kemarin.

Hal ini bukan tanpa alasan, akan tetapi dikarenakan adanya refocusing sebesar 8 persen anggaran yang Anggaran Pendapatan Belanja Derah (APBD) tahun 2021 yang diperuntukan untuk penanggulangan Covid-19.

Bupati Kabupaten Boltim, Sam Sachrul Mamonto mengatakan bahwa hampir semua anggaran di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang dipangkas, bukan hanya anggaran untuk honor.

Baca Juga: Rencana Relokasi Ke Pasar Pondabo Disambut Baik Pedagang

“Bahkan ada beberapa program harus dicancel karena refocusing anggaran. Sehingga untuk sementara masih dirumahkan, bukan dihentikan hal ini dilakukan sembari menunggu keuangan daerah kembali stabil,” ujar Sachrul, Rabu (7/4/2021).

Sachrul juga mengatakan bahwa THL hanya dirumahkan kurang lebih 2 bulan kedepan, sementara ada THL yang tidak dirumahkan dikarenakan memiliki peran vital guna menunjang kinerja pemerintah daerah.

“Yang tidak dirumahkan yakni operator SIMDA, Sopir, Waker/Penjaga Kantor dan Cleaning Service sementara untuk THL yang dirumahkan nanti kita akan panggil lagi setelah semuanya kembali normal,” jelasnya.(bto)

To Top