Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Jadi Biang Dehidrasi, Hindari Konsumsi Jenis Makanan Ini Saat Cuaca Panas


29 Apr 2023 08:59 WITA


 Jadi Biang Dehidrasi, Hindari Konsumsi Jenis Makanan Ini Saat Cuaca Panas Perbesar

KRONIK TOTABUAN – Cuaca panas bisa menyebabkan dehidrasi karena tubuh terus-menerus kehilangan cairan. Saat mengalami dehidrasi, fungsi tubuh tidak akan berjalan dengan baik.

Ada berbagai cara untuk mencegah dehidrasi akibat cuaca panas terik, salah satunya dari jenis makanan yang dikonsumsi. Makanan tertentu dapat membantu menjaga tubuh tetap dingin dan terhidrasi.

Seperti dikutip dari laman Times Now News, Kamis, 27 April 2023, berikut sejumlah jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat musim panas yang tengah terjadi saat ini.

1. Makanan Tinggi Garam
Makanan dengan kadar garam yang tinggi menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kembung, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Lebih penting lagi, mengonsumsi garam lebih dari yang dibutuhkan dapat merusak ginjal.

Mengurangi asupan garam dalam makanan akan membuat Anda merasa berenergi sepanjang hari. Seringkali konsumsi garam yang berlebihan menjadi penyebab sebagian besar kasus dehidrasi yang terjadi pada cuaca panas.

2. Makanan Pedas
Makanan pedas akan memberikan pengaruh pada usus Anda. Makanan pedas mengandung unsur-unsur yang berdampak buruk pada pitta dosha yang menyebabkan panas tubuh, yang pada gilirannya menyebabkan keringat berlebih, bisul pada kulit, dehidrasi.

3. Minuman Kafein
Minuman kafein panas menyebabkan suhu tubuh Anda naik. Mengonsumsi kopi dan teh berkali-kali dalam sehari tidak bisa dianggap sebagai pilihan cerdas jika memikirkan kesehatan.

Jika Anda ingin tubuh menjadi dingin dan tetap terhidrasi dalam panas terik, hindari atau kurangi minuman panas seperti teh atau kopi.

4. Gorengan
Makanan yang digoreng tidak terlalu bagus untuk kesehatan tetapi juga tidak membantu menjaga tubuh tetap dingin. Sebaliknya, kandungan garam dan minyak yang tinggi dapat menyebabkan Anda mengalami dehidrasi karena dapat merusak kesehatan usus Anda.

5. Acar
Acar mengandung natrium dalam jumlah tinggi yang merupakan faktor utama dibalik dehidrasi. Ini dapat menyebabkan sakit perut atau gangguan pencernaan, jika Anda mengonsumsi terlalu banyak acar.(*/Red)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 96 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Tindak Lanjuti Pengajuan Proposal Rehabilitasi Gelora Ambang, Pj. Walikota Kunjungi Kemenpora

21 Juni 2024 - 18:23 WITA

Asisten 1 Setda Kotamobagu Terima Kunker Kanwil Kemenkumham Sulut

20 Juni 2024 - 20:16 WITA

Pj. Walikota Lakukan Kunker ke RSI Jakarta, Ini yang Dibahas

20 Juni 2024 - 20:08 WITA

Lestarikan Tradisi Bekarang, Pemkab Muba Akan Gelar Festival Embung Senja

20 Juni 2024 - 17:09 WITA

Meiddy- Haris Menguat Diusung PDIP di Kotamobagu, Ini Penegasan DPP

20 Juni 2024 - 06:11 WITA

Sholat Ied Adha di Desa Momalia, Bupati Bolsel Ajak Masyarakat Bersyukur dan Pererat Kebersamaan

17 Juni 2024 - 19:22 WITA

Trending di Berita Bolsel