Berita Daerah

Jejak Kesenian dan Kebudayaan di Bolmong Ditelusuri

Foto Berita Daerah
Bappeda Bolmong mengumpulkan budayawan dan tokoh masyarakat untuk menelusuri jejak kesenian dan kebudayaan Bolmong.

KRONIK TOTABUAN – Jejak kesenian tradisional dan kebudayaan Bolaang Mongondow (Bolmong) ditelusuri.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) mengundang budayawan, tokoh masyarakat Passi bersatu, Bilalang dan pelaku kesenian tradisional Bolmong, Minggu (6/6/2021) di gedung Bontean, Desa Bilalaang, Kecamatan Bilalang.

Kepala Bappeda Bolmong, Taufik Mokoginta dalam penyampaiannya mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya Pemerintah dalam rangka merevitalisasi kesenian dan kebudayaan daerah yang mengalami pergeseran dan perlahan mulai ditinggalkan.

Baca Juga: Pemkab Bolmong Gelar Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Ijazah ASN

“Selain itu, upaya ini juga berguna untuk melestarikan dan meregenerasi pelaku kesenian tradisional di Bolmong di tengah kerasnya pengaruh arus globalisasi dunia saat ini,” kata Taufik.


Taufik mengatakan, jika saat ini pola tersebut tak bisa dirubah, maka kesenian tradisional yang ada di Bolmong bisa mengalami kepunahan bahkan tak berjejak sama sekali.

“Ini tugas kita yang sudah paham akan budaya Bolmong, untuk dapat memberikan kepada generasi kita berikutnya, agar kekhawatiran akan punahnya budaya Bolmong terbantahkan,” ujarnya.

Sementara itu, budayawan BMR Chairun Mokoginta yang juga sebagai pemateri mengakui, tradisi kesenian tradisional di BMR memang sudah mulai terkikis dengan peralihan zaman, bahkan sudah ditinggalkan dan terancam punah.

“Contoh sederhana, dari sebelas alat musik tradisional yang dimiliki Bolmong, tinggal empat yang sering digunakan atau dimainkan. Itu pun hanya digunakan saat hajatan pernikahan atau menjemput tamu dari luar daerah,” terangnya. (len)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

To Top