Berita Daerah

ODSK Menang di Semua Segmen, CEP- SSL Stagnan

ODSK Menang di Semua Segmen, CEP- SSL Stagnan
Kroniktotabuan.com

MANADO– Fakta menarik tergambar dari hasil survei LSI KCI Denny JA yang dipublikasikan, Rabu (2/11/2020), di Swissbel Hotel Manado.

Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, Olly Dondokambey- Steven Kandouw (ODSK) kokoh di atas dengan 65,7 persen. Sedangkan Christiany E Paruntu– Sehan S Landjar (CEP-SSL) 26,2 persen dan paslon Vonnie A Panambunan– Hendry Runtuwene melorot (VAP-HR) 5.5 persen.

Menurut Direktur LSI KCI Denny JA Adji Alfaraby, ODSK mendapat dukungan merata di semua segmen pemilih penting.

“Pemilih laki-laki maupun perempuan, pemilih protestan, pemilih muslim, pemilih katolik, pemilih milenial hingga lansia, pemilih berpendidikan rendah hingga kelompok terpelajar, wong cilik hingga mereka yang mapan, dan di semua segmen profesi pemilih,” beber Adji.

Baca Juga: Survei Terbaru LSI, Elektabilitas ODSK Kokoh di Atas 60 Persen, CEP-SSL Hanya 22 Persen dan VAP-HR 10 Persen

Di pemilih Protestan yang merupakan pemilih terbesar di Sulut (62,8 persen), dukungan terhadap ODSK mencapai 71,6 persen, CEP-SSL sebesar 18 persen, dan VAP-HR sebesar 7,4 persen.

Di pemilih Muslim, dukungan terhadap ODSK sebesar 51,6 persen, dukungan terhadap CEP-SSL sebesar 43,7 persen, dan dukungan terhadap VAP-HR sebesar 2,6 persen.

Di pemilih laki-laki, dukungan ODSK 64,3 persen, CEP-SSL sebesar 26 persen, dan dukungan VAP-HR 2,6 persen.

Di pemilih perempuan, dukungan  ODSK sebesar 67 persen, CEP-SSL sebesar 26,3 persen, dan dukungan terhadap VAP-HR sebesar 4,3 persen. Meskipun terdapat dua calon gubernur perempuan

“ODSK juga unggul di pemilih milenial hingga pemilih lansia dengan dukungan rata- rata di atas 60 persen. Begitupun di segmen pendidikan, ekonomi dan profesi, ODSK rata-rata di atas 60 persen,” ujarnya.

“Alasan kepuasaan terhadap kinerja dan figur ODSK menjadi faktor penting tingginya elektabilitas ODSK,” pungkasnya. (tim)

To Top