Menu

Mode Gelap

Berita Bolmong

Pemkab Bolmong Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an di Desa Tanoyan Selatan


28 Mar 2024 23:33 WITA


 Pemkab Bolmong Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an di Desa Tanoyan Selatan Perbesar

KRONIK TOTABUAN, Bolmong – Agenda safari ramadhan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melaksanakan salat tarawih berjamaah dirangkaikan dengan peringatan Nuzulul Qur’an Ramadan 1445 Hijriah di masjid Ar-Muklisin Desa Tanoyan Selatan, Kecamatan Lolayan, Kamis (28/3/2024).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Bupati Bolmong, Limi Mokodompit yang di wakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Abdullah Mokoginta, Presiden Direktur PT. JRBM Anang Rizkani Noor, General Manager PT. JRBM Irwan Lupoyo, para Asisten, Kepala OPD, Ketua MUI Bolmong Sulaiman Amba yang juga sebagai penceramah, serta warga sekitar.

Camat Lolayan Faisal Manoppo dalam sambutannya memberikan ucapan selamat datang kepada jajaran Pemkab Bolmong, sekaligus berterima kasih atas ditempatkannya kegiatan Nuzulul Quran di Desa Tanoyan Selatan.

“Terima kasih juga kepada segenap masyarakat yang sudah turut bersumbangsih baik tenaga maupun materil atas terlaksananya acara ini,” ucapnya.

Sementara Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bolmong, Sulaiman Amba, saat memberikan tausiah keagamaanya mengatakan, Nuzulul Quran diketahui sebagai peringatan terkait peristiwa penting umat Islam tentang sejarah diturunkan Alquran pertama kali di dunia.

“Nuzulul Quran merupakan kejadian penting karena turunnya Alquran pertama kali di dunia dan diturunkan di Goa Hira, dimana di tempat itulah malaikat jibril pertama kali menyampaikan wahyu kepada Rasulullah Muhammad SAW di surat Al-alaq ayat 1 sampai 5,” kata dia dalam tausiahnya.

Peristiwa inilah kata Sulaiman Amba yang membawa manusia untuk mengetahui tentang salah dan benar, terang dan gelapnya dunia ini.

“Al-quran turun berangsur angsur 23 tahun lamanya, 12 tahun di makkah dan 8 tahun di madinah. Al-quran di turunkan sebagai petunjuk dan pedoman bagi umat manusia. Ayat beserta aturan di Alquran sudah sangat lengkap, sastra Alquran sulit ditandingi oleh siapapun” tukasnya.

Dia pun mengajak semua yang hadir pada kegiatan peringatan malam Nuzulul Qur’an agar mencintai Al-Quran.

“Mari kita jaga alquran melebihi kecintaan kita pada dunia ini,” ajaknya.

Sementara itu, mewakili Bupati Limi Mokodompit, Sekda Bolmong Abdullah Mokoginta mengatakan, pemerintah menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang ada di Desa Tanoyan Selatan

Kata Sekda, agenda Nuzulul Quran ini merupakan agenda Pemkab Bolmong sebagaimana telah juga diselenggarakan di tahun-tahun sebelumnya.

Atas nama Bupati Limi Mokodompit, Abdullah juga berharap peringatan Nuzulul Quran kali ini semoga tidak hanya dijadikan sekadar simbol memperingati turunnya Alquran.

“Semoga kegiatan ini tak hanya dijadikan simbol semara melainkan kita jadikan sebagai momentum kebangkitan umat Islam terutama di Bolaang Mongondow yang kita cintai ini,” terang Abdullah

Pada momentum itu pula, dirinya berpesan kepada seluruh masyarakat Bolmong, khususnya Desa Tanoyan Selatan, agar dapat menjaga ibadah puasanya di tahun 2024 ini hingga sampai perayaan hari raya idul fitri nanti.

Diketahui, usai pelaksanaan Nuzulul Quran, Abdullah Mokoginta juga turut menyerahkan bantuan infaq dan sedekah kepada imam Pegawai syar’i serta seluruh anak yatim piatu di Desa tersebut. (Falen)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Pj. Walikota Kotamobagu Lepas Bantuan Pemkot untuk Korban Bencana Alam di Sitaro

20 April 2024 - 19:09 WITA

Pj. Walikota Kotamobagu Hadiri Perayaan Hari Raya Ketupat di 3 Desa dan Kelurahan

20 April 2024 - 19:03 WITA

Jumat Ceria! Bupati Limi Rolling Sejumlah Kepsek, Kepala UPTD Puskesmas dan Camat

19 April 2024 - 18:13 WITA

Sopir Grand Max Pengangkut Minyak Ilegal yang Terbakar Diamankan Polres Muba

19 April 2024 - 14:11 WITA

Pj. Walikota Kotamobagu Ikuti Rapat Evaluasi Tugas Pemerintahan Bersama Pemprov

18 April 2024 - 20:21 WITA

Pemkab Muba Rapat Bahas Pengelolaan BMN

18 April 2024 - 20:20 WITA

Trending di Berita Daerah