Polres Kotamobagu Intensifkan Vaksinasi di Pasar Jelang Nataru

Pelayanan vaksinasi oleh tim Polres Kotamobagu di pasar tradisional.

KRONIK TOTABUAN – Meningkatnya aktivitas di pasar tradisional jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), dimanfaatkan Polres Kotamobagu untuk melakukan vaksinasi.

Pelayanan vaksinasi langsung dilakukan tim gabungan dari lapak ke lapak yang ada di dua pasar terbesar di Kotamobagu.

Pasar Serasi dan 23 Maret di Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat, jadi sasaran pelayanan vaksinasi langsung.

Sudah beberapa kali sejak Desember 2021 ini pelayanan vaksinasi dilaksanakan di pasar tradisional.

Semua lapak didatangi tim. Tak ada yang dilewatkan baik pedagang maupun pembeli semuanya didata. Yang belum divaksinasi langsung dilayani di tempat.

Menurut Kepala Seksi Dookes Polres Kotamobagu, dr Chepi Tegema, membludaknya pengunjung pasar tradisional jelang perayaan Nataru harus dimanfaatkan dengan baik untuk memberikan pelayanan vaksinasi.

“Jadi pedagang maupun masyarakat di pasar yang belum sempat divaksin di gerai vaksin atau di kelurahan dan desa mereka, bisa kita layani di pasar,” ucap dr Chepi Tegema, Kamis (16/12/2021).

Ia menjelaskan, pelayanan vaksinasi langsung di pusat keramaian seperti pasar tradisional cukup efektif.

Pasalnya, masyarakat mendapat kemudahan atau tak perlu lagi repot datang ke gerai.

“Jadi sambil mereka jualan atau beli kebutuhan, mereka juga dapat hak untuk divaksin. Intinya pelayanan kita dekatkan,” katanya.

Ia menambahkan, selain melakukan vaksinasi, tim yang turun juga terus mengingatkan pedagang dan pembeli untuk patuh protocol kesehatan.

Masita Hasan, salah satu pedagang di Pasar Serasi Kotamlobagu bersyukur sudah bisa divaksin di tengah kesibukannya berjualan sembako.

Selama ini, kata dia, tak ada waktu untuk pergi ke gerai vaksin karena mulai subuh sampai sore hari ia sudah harus buka tempat usahanya di pasar.

“Tempat makan saya buka subuh sampai sore. Jadi taka da waktu pergi ke lokasi vaksin. Tapi dengan adanya vaksinasi dari Polres Kotamobagu yang datang langsung ke pasar, saya bersyukur dan terbantu sekali,” ungkap Masita. (Rensa Bambuena)

Berita Terpopuler