Berita Bolmong

PPD Wajib Paparkan Renja dan Renstra Dihadapan Bupati

Kroniktotabuan.com
Ramlah Mokodongan

Ramlah Mokodongan

BOLMONG– Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow melalui Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah), telah melakukan pra pembahasan Renja (Rencana Kerja) dan Renstra (Rencana Strategis).

Kepala Bappeda, Ramlah Mokodongan mengatakan, pembahasan Renja dan Renstra tersebut, dalam rangka penysunan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) tahun 2017-2022. “Pra pembahasan telah kita laksanakan, ini bertujuan untuk penyunan RPJMD 2017-2022,” kata Ramlah, Jumat (19/05).

Selain itu, PPD (Pimpinan Perangkat Daerah) wajib melalukan pemaparan dihadapan Bupati dan Wakil Bupati. “Setiap pimpinan perangkat daerah akan melakukan pemaparan dihadapan Bupati dan Wakil Bupati,” jelasnya.

Tempat pelaksanaan akan dipusatkan di Sutan Raja Hotel, Kotamobagu. “Kita akan undang berbagai unsur, termasuk Pers dan LSM,” kata Ramlah menambahkan.

Seperti diketahui, RPJMD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk  jangka periode selama 5 tahunan yang berisi penjabaran visi serta misi dan program kepala daerah dengan berpedoman pada RPJP Daerah serta memperhatikan RPJM Nasional .

RPJMD menekankan tentang pentingnya menterjemahkan secara arif tentang visi misi dan agenda Kepala Daerah terpilih dalam tujuan sasaran strategi, kebijakan pembangunan yang merespon kebutuhan dan aspirasi masyarakat serta kesepakatan tentang tolok ukur kinerja untuk mengukur keberhasilan pembangunan daerah dalam 5 tahun ke depan.

Dalam penyusunan RPJMD, harus diperhatikan prinsip seperti strategis, demokratis serta partisipatif, politis, perencanaan bottom up dan perencanaan top down. (ahr)

To Top