Berita Bolmong

PT Conch dan PT Sulenco Abaikan Tenaga Kerja Lokal

Kroniktotabuan.com
PT Conch Bolmong

PT Conch Bolmong

BOLMONG– Keberadaan perusaan PT Conch North Sulawesi Cement dan PT Sulenco Bohusami Cement yang bergerak di bidang produksi cement di Desa Solog Kecamatan Lolak, ternyata didominasi oleh TKA (Tenaga Kerja Asing) asal Tiongkok dan China.

Bahkan, berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Transmigrasi dan  Tenaga Kerja, jumlah mereka mencapai 342 orang. Hal ini mengindikasikan adanya pengabaian terhadap tenaga kerja lokal di Kabupaten Bolaang Mongondow.

Para pekerja asing ini, bernaung di lima perusahaan, yakni, PT Conch North Sulawesi Cement 29 orang, PT Harpa Pratama Jaya 12 orang, Machinery Industry Fifth Construction Corp Inc 44 orang, PT Sinoma Engineering Indonesia 22 orang dan PT MCC17 Konstruksi Indonesia 235 orang. “Totalnya 342 orang semua,” kata Derek Panambunan, Kadis Transmigrasi dan Tenaga Kerja Bolmong.

Sementara itu, Senin (29/05), Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk, memimpin rapat bersama lima perusahaan tersebut. Namun, pihak perusahaan yang menghadiri rapat itu, bukan pimpinan langsung. “Rapat ditunda karena yang hadir bukan unsur pimpinan lima perusaan itu. Kita akan agendakan lagi,” kata Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk.

Dijelaskan Wabup, salah satu yang akan dibahas pada rapat itu adalah rencana pelebaran jalan dari Kaiya sampai Pinogaluman dengan lebar 30 meter. “Itu salah satunya, tapi ada hal lain lagi yang akan dibahas, termasuk IMB pendirian Indomaret yang tergabung pada mess karyawan,” kata Yanny. (ahr)

 

To Top