Menu

Mode Gelap

Berita Bolmut

BPK Resmi Terima LKPD Bolmut


3 Apr 2017 13:37 WITA


 Depri Pontoh Perbesar

Depri Pontoh

Depri Pontoh
Depri Pontoh

BOLMUT – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Drs Depri Pontoh, Senin (03/04) menyerahkan LKPD (Laporan keuangan pemerintah daerah) tahun anggaran 2016 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulut. Penyerahan dipusatkan di gedung BPK RI Perwakilan Sulut bersamaan dengan LKPD Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara serta 14 Kabupaten dan Kota.

Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulut,Tangga Muliaman Purba dalam sambutannya mengatakan, penyerahan LKPD adalah rangkaian pemeriksaan BPK yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. “Penyerahan LKPD merupakan amanat undang-undang nomor 1 tahun 2004 pasal 56 yang menyatakan bahwa, pemerintah daerah menyampaikan laporan keuangannya pada BPK, paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran beraknir,” jelasnya.

Lanjutnya, setelah pemeriksaan BPK, akan mendapat opini dalam peneyelenggaraan keuangan daerah. “Setelah pemeriksaan BPK, akan mendapat opini atas laporan keuangan pemerintah yang diberikan oleh masing-masing kabupaten/kota,” jelasnya.

Aspek penilaian yang akan dilakukan BPK diantaranya, kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan berdasar undang-undang, kepatuhan dan kepatutan terhadap peraturan perundang-undangan serta efektifitas sistem keuangan.

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE yang turut menyerahkan LKPD Provinsi Sulut, dalam sambutnnya menyampaikan, penyerahan LKPD tahun 2016, diharapkan mendapat opini yang baik. “Penyerahan LKPD tahun 2015 lalu, ada 4 daerah yang belum mendapat opini WTP. Jadi dalam penyampaian kepala BPK tentang aspek penilaian LKPD tahun 2016, semua kabupaten/kota di Sulut akan medapat predikat WTP,” kata Olly.

Sementara, Bupati Bolmut, Drs Depri Pontoh mengaku optimis LKPD 2016 Kabupaten Bolmut akan mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). “Saat ini kita sudah menyelesaikan satu tahapan, saya optimis Kabupaten Bolmut akan meraih opini WTP, bersama dengan daerah lainnya,” tandasnya. (tr-2)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Sejumlah Atlet Asal Kota Kotamobagu Berhasil Dulang Prestasi di Luar Daerah

8 Februari 2023 - 21:22 WITA

Biadab! Gara-gara Game Mobile Legends AB Tega Aniaya Putri Kandungnya Hingga Tewas

8 Februari 2023 - 11:44 WITA

Redam Kenaikan Harga Beras, Pemkot Kotamobagu Bakal Gelar SPHP

8 Februari 2023 - 11:30 WITA

Pemkot Kotamobagu Masuk Nominasi PPD Kabupaten Kota se-Sulut

8 Februari 2023 - 11:20 WITA

Sekda Kotamobagu Buka FGD Penyusunan Publikasi Kotamobagu dalam Angka Tahun 2023

7 Februari 2023 - 20:27 WITA

Asisten III Wakili Pemda Bolsel Hadiri Peringatan 1 Abad NU

7 Februari 2023 - 17:00 WITA

Trending di Berita Bolsel